Social Media and Endorsement for the 4.0 challenge Business Practice at Girls Eyelash Salon
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v4i2.2022.%25p.12391Abstract
Usaha perdagangan industri dan jasa tidak terlepas dari persaingan yang merupakan salah satu faktor penentu untuk kelangsungan/kontinuitas suatu perusahaan. Perusahaan harus mampu mengembangkan strategi untuk menjawab tantangan dalam implementasi bisnis khususnya di bidang salon dan kecantikan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap pemilik usaha. Objek penelitian ini ialah Girls Eyelash ekstension. Solusi untuk mengatasi kendala dalam implementasi bisnis ini ialah memperkuat strategi marketing dengan memanfaatkan berbagai sosial media dan layanan endorsement baik menggunakan selebriti atau selebgram lokal.
References
Bergkvist, L. and Zhou, K.Q. (2016). Celebrity endorsements: a literature review and research agenda. International Journal of Advertising, 35(4), 642-663.
Berita Satu. (2016). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Jakarta: Indonesia
Hanaysha, J. (2016). The importance of social media advertisements in enhancing Brand equity: a study on fast food restaurant industry in Malaysia. Business and Economic Research, 6, 46-51.
Hinz, O. Skiera, B. Barrot, C. and Becker, J.U. (2011). Seeding strategies for viral marketing: an empirical comparison. Journal of Marketing, 75(6), 55-71.
Irianto, A. B. P. (2015). Pemanfaatan social media untuk meningkatkan market share UKM. Jurnal Teknomatika, 8(1), 1-12.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management eBook. Pearson Higher Ed.
Mintzberg, H. (1994). The fall and rise of strategic planning. Harvard Business Review, Vol. 72 No. 1, pp. 107-114.
Paul, T. (2017). Implementing integrated marketing communications (IMC) through major event ambassadors. European Journal of Marketing, 51(3), 605-626
Rehmet, J. and Dinnie, K. (2013). Citizen brand ambassadors: motivations and perceived effects. Journal of Destination Marketing and Management, 2, 31-38.
Schimmelpfennig, C. and Hollensen, S. (2014). Celebrity endorsements: exploring the process for finding the right celebrity to endorse a brand. Journal of Brand Strategy, 2(4), 366-378.
Schivinski, B. and Dabrowski, D. (2016). The effect of social media communication on consumer perceptions of brands. Journal of Marketing Communications, 22(2), 189-214.
Testa, S., & Frascheri, S. (2015). Learning by failing: What we can learn from un-successful entrepreneurship education. The International Journal of Management Education, 13, 11–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.