Pengaruh Moderasi Gambar dan Kualitas Produk terhadap Celebrity Endroser dan Brand Image pada Keputusan Pembelian Produk Erigo Apparel

Authors

  • Agustin Mutia Syahidah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Bellananda Iftitah Syachdo’a Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muchammad Saifuddin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya http://orcid.org/0000-0001-7295-280X

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v4i1.2022.%25p.15821

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh moderasi gambar dan kualitas produk terhadap selebrity endoser dan brand image pada keputusan pembelian produk Erigo Apparel. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuisioner dengan teknik purposive sampling pada sampel 100 responden. Pengolahan analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan moderate regression analysis (MRA). Hasil penelitian responden yang didominasi oleh 54% laki – laki dan 46% perempuan diantara usia 15 – 26 tahun, variabel celebrity endorser berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel gambar produk memperlemah hubungan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, dan variabel kualitas produk memperlemah hubungan brand image terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan perusahaan Erigo Apparel atau perusahaan fashion lainnya untuk lebih meningkatkan celebrity endroser dan brand image yang mereka miliki, namun juga diiringi dengan kualitas produk serta gambar produk yang memiliki keunggulan berbeda dengan para pesaing lainnya.

 

Kata Kunci: Celebrity Endorser; Brand Imager; Gambar produk; Kualitas Produk;

Keputusan Pembelian

References

Anshar, S. B. Y., Suryaningsih, I. B., & Sumani. (2016). Pengaruh Selebriti Endorser Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Moderasi Gambar Produk Di Instagram Pada Mahasiswi Universitas Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Badan Ekonomi Kreatif. (2017). Data Statistik dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif 2015. Bekraf-BPS, 23. http://www.bekraf.go.id/pustaka/page/data-statistik-dan-hasil-survei-khusus-ekonomi-kreatif

Badan Ekonomi Kreatif. (2018). Data Statistik dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif 2016. Bekraf-BPS. www.bekraf.go.id

Chusnah, & Zaenuri, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Warung Nasi Pemalang, Jakarta Timur). KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(Juni), 77–92.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Global Research and Consulting Institute.

Handayani, L. D. L., & Kosasih. (2020). The Effect Of Celebrity Endorsers and Brand Image Towards Purchasing Decisions of Pixy Products in Karawang. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(4), 407–417.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Liya, I., Budiono, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Pada. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11–26.

Nastiti, H. (2021, August 24). Bangga! Erigo Jadi Wakil Indonesia di New York Fashion Week 2021. Kompas.Com. https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/24/072225166/bangga-erigo-jadi-wakil-indonesia-di-new-york-fashion-week-2021

Nurcahyadi, G. (2019, October 23). Kolaborasi Erigo x Thanksinsomnia Diganjar Rekor MURI. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi/267264/kolaborasi-erigo-x-thanksinsomnia-diganjar-rekor-muri

Prospeku. (2021, November 19). Apa itu Brand Image? Pengertian, Contoh & Fungsi untuk Bisnis. Prospeku.Com. https://prospeku.com/artikel/brand-image-adalah---3739

Sadad, M. (2021). Muhammad Sadad (@sadadd) • Foto dan video Instagram. Instagram. https://www. instagram.com/sadadd/

Simamora, V., & Kusmiyati, E. (2017). Pengaruh Desain Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teh Botol Sosro Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Online Internasional & Nasional Unversitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 20(1), 43–54.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Sukma, K. A. D. S. K., Nurcahya, I. K., & Suryani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men ’ S Biore. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4016–4043.

Tashandra, N. (2021). Keren, Iklan Brand Lokal Erigo Tampil di Times Square New York Halaman all - Kompas.com. Kompas.Com. https:// lifestyle.kompas.com/read/2021/03/27/102225820/keren-iklan-brand-lokal-erigo-tampil-di-times-square-new-york?page=all#page2

Trends, G. (2021). Erigo - Explore - Google Trends. Google. https://trends. google.com/trends/explore?cat=18&geo=ID&gprop=froogle&q=%2Fg%2F11fsqgwpj

Downloads

Published

2022-03-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.