Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Sangdo Agriculture
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.54-65.2267Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Sangdo Agriculture pada PT.Altrak 1978 serta strategi-strategi untuk mengatasi kendala dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan single case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis posisi pada matriks SWOT, dapat diketahui bahwa PT.Altrak 1978 berada pada posisi kuadran 1, posisi perusahaan pada kuadran ini mendukung strategi agresif, perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang tersebut, strategi yang harus diterapakan pada kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, rekomendasi strategi yang sesuai adalah perluasan dan memaksimalkan kekuatan internal perusahaan. PT.Altrak 1978 dapat melakukan strategi seperti pengembangan pasar, inovasi produk dan pengembangan produk.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pemasaran; Analisis SWOT; Analisis SPACE
References
Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian Yogyakarta. Bina Aksara.
Atmosudirjo, Prajudi. 2012. Dasar dasar Adminisrasi Manajemen dan Manajemen Kantor. Gunug Agung , Jakarta.
Basu Swasta, Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Kesebelas, Yogyakarta. Liberty Offset.
Bungin, Burhan. 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Penerbit Prenada Media Group. Surabaya.
Churchill, Gilbert. 2001. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Edisi Keempat jilid pertama. Penerbit Erlangga. Jakarta.
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Edisi keempat. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Etta Mamang Sangadji. 2013. Prilaku Konsumen. Penerbit Andi Offset.
Freddy Rangkuti.2011. Riset Pemasaran. Cetakan ke 10. Jakarta : Percetakan PT. Gramedia.
Hisrich, Robert D, dan Peters, Michael,P.2003. Enterpreneurship, Kewirausahaan. Salemba Empat. Jakarta.
Idrus, Muhamad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Indriyo Gitosudarmo. 2001. Prinsip Dasar Manajemen. Edisi ketiga, BPFE. Jogjakarta.
Kotler, Philip, & Amstrong. Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua belas jilid satu. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga belas jilid satu. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip, & A.B Susanto.2000. Manajemen Pemasaran Indonesia. Alih Bahasa: Ancela Anitawatai & Hermawan. edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba. Edisi Ketiga. Universitas Gajah Mada,.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Hendra Teguh dkk. Edisi 1. Jakarta: PT Perhalindo.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga belas jilid satu, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Phillip, & Amstrong, Gary. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta. Penerbit Prenhalindo.
Kountour, Ronny. 2008. Riset Pemasaran, Seri Manajemen Pemasaranâ€, No.20, PT. Mitra Kerjaya, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Leon G. Schiffman, Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen, Edisi Bahasa Indonesiaâ€, Edisi Ketujuh. Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Malhotra, Naresh. 2006. Riset Pe.masaran Pendekatan Terapan. Edisi Keempat Jilid Kedua. Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Mariotti, Jhon. 2003. Marketing Express. Penerbit Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
McCarty E, Jerome & Perreault D, William. 1993. Intisari Pemasaran Sebuah Ancangan Manajerial Global. Edisi Keenam jilid satu. Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta..
Mulyadi. 2008. Sistem Akutansi. Penerbit. Salemba empat, Jakarta.
Moleong.Lexi J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Moleong.Lexi J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Nachrowi Djalal Nachrowi, Phd. Hardius Usman, Msi. 2004. Teknik Pengambilan Keputusan. Penerbit Grasindo, Jakarta.
Nitisemito, Alex S. 2005. Prinsip Pemasaran. Edisi ketiga. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Purwanto, Iwan. 2006. Manajemen Startegi. Penerbit CV. Yrama Widya, Bandung.
Rumidi, Sukandar. 2002. Metodologi Penelitian, Petunjuk Praktis Suntuk Peneliti Pemula. Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran & Unsur-unsur Pemasaran. Penerbit CV. Linda Karya, Bandung.
Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Soemarso. 2007. Akuntansi Suatu Pengantar. PT.Citra Aditya Bakti, Bandung.
Stanton, William J. 2002. Prinsip Pemasaran. Edisi Kesembilan, Cetakan Ketiga. PT. Bumi Askara, Jakarta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset sederhana untuk mengenal konsumen). PT. Buku Seru, Jakarta.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar dasar Manajemen Pemasaran. PT. Buku Seru, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.