Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.66-82.2268Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi bauran pemasaran Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan dan mengetahui implementasi strategi bauran pemasaran Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan dalam meningkatkan penjualan. Pada Penelitian ini, Pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai situasi yang dihadapi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, partisipan penuh sekaligus pengumpul data, sedangkan instrumen yang lain sebagai penunjang dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada metode kualitatif adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh, secara umum produk Azka Toys Ular Tangga Sholat dan Baitul Maal ini mengalami perkembangan penjualan yang baik dari tahun ke tahun jika diakumulasi kedua produk yang dihasilkan oleh Azka Toys, dimana pada tahun 2018 terjadi peningkatan volume penjualan yang sangat signifikan. Dari peningkatan volume penjualan tersebut didapat rata-rata jumlah penjualan Azka Toys Ular Tangga Sholat Pamulang Tangerang Selatan dari tahun 2014–2018 adalah sebesar 1.020,4 unit, dengan penjualan terbesar pada tahun 2018 yaitu sebesar 1.303 produk mainan Islami Edukatif Azka Toys. Keberhasilan peningkatan volume penjualan Azka Toys diperoleh dari penerapan strategi bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P, adapun bauran pemasaran tersebut meliputi produk, harga, promosi dan tempat.
Kata kunci: Bauran Pemaran;Volume Penjulan
References
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung. CV. Alfabeta.
Anggora, M. Toha,dkk., 2007. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. 2006. Metode Riset Bisnis.Volume 1.Jakarta. PT Media Global Edikasi.
Effendi. 2010. Asas Manajemen Pemasaran. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip, AB. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku 2, Jakarta. Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2009. ManajemenPemasaran. JilidKedua. EdisiTigaBelas. Jakarta. Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta. PT Indeks.
Kotler, Philip, dkk. 2004. Manajemen Pemasaran dengan pemasaran efektikf dan Pofitable. Cetakan Kedua. Jakarta. Gramedia Pusat Utama.
Kotler dan Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta. PT Indeks.
Lupiyoadi. 2006. ManajemenPemasaranJasa. EdisiKedua. Jakarta. SalembaEmpat.
Machfoedz. 2010. KomunikasiPemasaran Modern. Yogyakarta. CakraIlmu.
Margono,S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Mulyong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Stanton. 2005. PrinsipPemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta. PenerbitErlangga.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sunjoyo dkk... 2013. Aplikasi SPSS untuk SMART Riset. Bandung, Alfabeta.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta. Change Publication.
Suparyanto, RW dan Rosad.2015.Manajemen Pemasaran. Bogor. IN MEDIA- Anggota IKAPI.
Swastha, Basu, DH, Irawan MBA. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty
Tjiptono, Fandydan Gregorius Chandra. 2005.ManajemenKualitasJasa. Yogyakarta. ANDI.
Tjiptono. 2007. BauranPemasaranJasa. JawaTimur. Bayu Media.
______, 2008. StrategiPemasaran. EdisiPertama. Yogyakarta. Andi.
Umar. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Widiyanto, Mikha Agus. 2013.Statistika Terapan. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.