Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.83-94.2269Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai – Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan responden penelitian berjumlah 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan validitas butir korelasi product moment dan koefisien reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas. Sedangkan data penelitian di analisis menggunakan teknik korelasi, determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik, dengan konstribusi koefisien determinasi R2 = (0,761)2 = 0,58 = 58% dan persamaan regresi linier Ŷ = -5,904 + 0,431X.
Kata kunci: kualitas layanan pendidikan; kepuasan peserta didik
References
Abdul Majid, Suharto, “Costomer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasiâ€, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Ace Suryadi,“Permasalahan Dan Alternatif Kebijakan Peningkatan Relevansi Pendidikan (Studi Relevansi Pendidikan Kerjasama UPI dengan balitbang Kemendiknasâ€. http://file.upi.edu/ Direktori / PROCEEDING/Seminar_ Internas . NFE, 2010.
Assael, Henry, “Costumer Behavior And Marketing Action, Keat Publishing Companyâ€, Boston,1995.
C. Mowen, John dan Michael Minor, “ Perilaku Konsumenâ€, Jakarta : Erlangga,2002
E. Mulyasa, “Kurikulum Berbasis Kompetensiâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004.
Engel, J.F, et.al, “Perilaku Konsumenâ€, Edisi Keenam, Binarupa, Jakarta, 1994
Gaol, Chr Jimmy L,“A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Jakarta: Grasindo, Anggota Ikapi, 2014
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Tahun 2001.
H.A.R Tilaar, “Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaanâ€, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Hasibuan, Malayu. S.P., “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta, 2014
Helgesen.,Oyvind , Erik Nesset., â€Image, Satisfaction, And Attecedents: Drivers Of Students Loyalthy? A Case Study Of A Norwegian University collage.â€, Corporte Reputation Review (2007). Vol. 10 No. 1 p. 38-59, 2007
Kotler dan Armstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Alih Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji, Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga, 2004
Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keduabelas, Jilid Kesatu, Jakarta : PT. Indeks, 2007.
Loudon, D.L, dan Della Bitta, A.J, “ Consumer Behavior: Concepts and Applicationâ€, Singapore: Mc.Grow-Hill, Inc, 1993
Lovelock, Christopher. & Wright, Lauren.â€Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia, 2005.
Lupiyoadi, Rambat, “Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktikâ€, Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2001
Minarti, Sri, “Manajemen Sekolah. Mengelola Lembaga Pendidikan, Secara Mandiriâ€, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2011
Ruslan, Rosady†Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasiâ€, Jakarta : PT Raja grafindo Persada, 2008
Soemirat Soleh, Ardinanto Ervinaro, “Dasar-dasar public relationâ€, Bandung, Remaja Rosdakarya, Rosda, 2008.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, Bandung: Afabeta, 2011.
Tjiptono, Fandy, “Service Quality, and Customer Satisfactionâ€, Edisi Tiga. Yogyakarta. Andi, 2011.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, “Service, Quality Satisfactionâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004.
Wells, K.N,. dan Prensky, G.A., “Perilaku Organisasi dan Psikologi Personaliaâ€, Jakarta: Bina Aksara, 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.