Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai

Authors

  • Gatot Kusjono
  • Eni Sudjiani

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.83-94.2269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik  di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai – Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan responden penelitian berjumlah 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan  instrumen angket. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan validitas butir korelasi product moment dan koefisien reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas. Sedangkan data penelitian di analisis menggunakan teknik korelasi, determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan  antara kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik, dengan konstribusi koefisien determinasi R2 = (0,761)2 = 0,58 = 58%  dan persamaan regresi linier Ŷ = -5,904 + 0,431X.

 

Kata kunci: kualitas layanan pendidikan; kepuasan peserta didik

References

Abdul Majid, Suharto, “Costomer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasiâ€, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Ace Suryadi,“Permasalahan Dan Alternatif Kebijakan Peningkatan Relevansi Pendidikan (Studi Relevansi Pendidikan Kerjasama UPI dengan balitbang Kemendiknasâ€. http://file.upi.edu/ Direktori / PROCEEDING/Seminar_ Internas . NFE, 2010.

Assael, Henry, “Costumer Behavior And Marketing Action, Keat Publishing Companyâ€, Boston,1995.

C. Mowen, John dan Michael Minor, “ Perilaku Konsumenâ€, Jakarta : Erlangga,2002

E. Mulyasa, “Kurikulum Berbasis Kompetensiâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004.

Engel, J.F, et.al, “Perilaku Konsumenâ€, Edisi Keenam, Binarupa, Jakarta, 1994

Gaol, Chr Jimmy L,“A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Jakarta: Grasindo, Anggota Ikapi, 2014

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Tahun 2001.

H.A.R Tilaar, “Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaanâ€, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Hasibuan, Malayu. S.P., “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta, 2014

Helgesen.,Oyvind , Erik Nesset., â€Image, Satisfaction, And Attecedents: Drivers Of Students Loyalthy? A Case Study Of A Norwegian University collage.â€, Corporte Reputation Review (2007). Vol. 10 No. 1 p. 38-59, 2007

Kotler dan Armstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Alih Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji, Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga, 2004

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keduabelas, Jilid Kesatu, Jakarta : PT. Indeks, 2007.

Loudon, D.L, dan Della Bitta, A.J, “ Consumer Behavior: Concepts and Applicationâ€, Singapore: Mc.Grow-Hill, Inc, 1993

Lovelock, Christopher. & Wright, Lauren.â€Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia, 2005.

Lupiyoadi, Rambat, “Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktikâ€, Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2001

Minarti, Sri, “Manajemen Sekolah. Mengelola Lembaga Pendidikan, Secara Mandiriâ€, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2011

Ruslan, Rosady†Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasiâ€, Jakarta : PT Raja grafindo Persada, 2008

Soemirat Soleh, Ardinanto Ervinaro, “Dasar-dasar public relationâ€, Bandung, Remaja Rosdakarya, Rosda, 2008.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, Bandung: Afabeta, 2011.

Tjiptono, Fandy, “Service Quality, and Customer Satisfactionâ€, Edisi Tiga. Yogyakarta. Andi, 2011.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, “Service, Quality Satisfactionâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004.

Wells, K.N,. dan Prensky, G.A., “Perilaku Organisasi dan Psikologi Personaliaâ€, Jakarta: Bina Aksara, 1996.

Downloads

Published

2019-02-21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.