Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Cikal Harapan
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i2.2019.123-137.2970Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran pengaruh citra dan kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik. Obyek penilitian adalah Sekolah Menengah Atas Cikal Harapan Tangerang Selatan. Responden penelitiannya seluruh peserta didik SMA yang berjumlah 85 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan analisa regeresi berganda. Hasil penelitian diperoleh citra lulusan dan keandalan (reliability) yang dimiliki sekolah memiliki pengaruh tertinggi terhadap kepuasan peserta didik. Secara simultan citra sekolah dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik dengan konstribusi sebesar 63,7%, sedangkan sisanya sebesar 36,3% dipengaruhi faktor lain di luar citra dan kualitas layanan.
Kata kunci: citra sekolah; kualitas layanan; kepuasan peserta didik
References
Assael, Henry, 2004. “Costumer Behavior: A Strategic Approach, 6th ed Keat Publishing Companyâ€, Boston,MA: Houghton Houghton Mifflin Company.
Budiarto Nugroho, Iwan Kurniawan Subagj. 2015. “Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utaraâ€, Univ. Sam ratulangi Manado, Jurnal EMBA,Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.1089-1100
C. Mowen, John dan Michael Minor.2002. “Perilaku Konsumenâ€, Jakarta : Erlangga.
Fandy Tjiptono.2002. “Manajemen Jasaâ€, Cetakan II. Yogyakarta: Andi Offset.
¬Ghozali, Imam. 2001. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSSâ€,Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu. S.P., 2014. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Kotler dan Armstrong, 2004. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Alih Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji, Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.
------,2008.“Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip. & Kevin Lane, Keller, 2009. “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.
Minarti, Sri, 2011. “Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan, Secara Mandiriâ€, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Nugroho, B., & Subagja, 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah†PT. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timur.
Qomariah, N. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan†(Studi pada Universitas Muham-madiyah di Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), 177-187.
Soemirat Soleh, Ardinanto Ervinaro, 2008. “Dasar-dasar Public Relationâ€, Bandung, Remaja Rosdakarya, Rosda.
Susanto, P. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padangâ€. Tingkap, 8(1), 65-78.
Sugiyono, 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, Bandung: Afabeta.
Tjiptono, Fandy, 2011. “Service Quality, and Customer Satisfactionâ€, Edisi Tiga. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2004. “Service, Quality Satisfactionâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Xian, Gou Li, dkk., â€Corporate, Product, and User-Image Dimensions and Purchase Intentionsâ€, Journal of Computers, (6) 9: 1875-1879, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.