Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Cikal Harapan

Authors

  • Eni Sudjiani
  • Subarto Subarto Universitas Pamulang
  • Gatot Kusjono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v1i2.2019.123-137.2970

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran pengaruh citra dan kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik. Obyek penilitian adalah Sekolah Menengah Atas Cikal Harapan Tangerang Selatan. Responden penelitiannya seluruh peserta didik SMA yang berjumlah 85 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan analisa regeresi berganda. Hasil penelitian diperoleh citra lulusan dan  keandalan (reliability) yang dimiliki sekolah memiliki pengaruh tertinggi terhadap kepuasan peserta didik. Secara simultan citra sekolah dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik dengan konstribusi sebesar 63,7%, sedangkan sisanya sebesar 36,3% dipengaruhi faktor lain di luar citra dan kualitas layanan.

 

Kata kunci: citra sekolah; kualitas layanan; kepuasan peserta didik

Author Biography

Eni Sudjiani

Pasca Sarjana Unpam

References

Assael, Henry, 2004. “Costumer Behavior: A Strategic Approach, 6th ed Keat Publishing Companyâ€, Boston,MA: Houghton Houghton Mifflin Company.

Budiarto Nugroho, Iwan Kurniawan Subagj. 2015. “Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utaraâ€, Univ. Sam ratulangi Manado, Jurnal EMBA,Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.1089-1100

C. Mowen, John dan Michael Minor.2002. “Perilaku Konsumenâ€, Jakarta : Erlangga.

Fandy Tjiptono.2002. “Manajemen Jasaâ€, Cetakan II. Yogyakarta: Andi Offset.

¬Ghozali, Imam. 2001. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSSâ€,Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. S.P., 2014. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Kotler dan Armstrong, 2004. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Alih Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji, Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.

------,2008.“Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip. & Kevin Lane, Keller, 2009. “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Minarti, Sri, 2011. “Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan, Secara Mandiriâ€, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Nugroho, B., & Subagja, 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah†PT. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timur.

Qomariah, N. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan†(Studi pada Universitas Muham-madiyah di Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), 177-187.

Soemirat Soleh, Ardinanto Ervinaro, 2008. “Dasar-dasar Public Relationâ€, Bandung, Remaja Rosdakarya, Rosda.

Susanto, P. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padangâ€. Tingkap, 8(1), 65-78.

Sugiyono, 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, Bandung: Afabeta.

Tjiptono, Fandy, 2011. “Service Quality, and Customer Satisfactionâ€, Edisi Tiga. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2004. “Service, Quality Satisfactionâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Xian, Gou Li, dkk., â€Corporate, Product, and User-Image Dimensions and Purchase Intentionsâ€, Journal of Computers, (6) 9: 1875-1879, 2011.

Downloads

Published

2019-08-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.