Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata Di Kota Batam

Authors

  • Cindy Widya Kenedi Universitas Putera Batam
  • Asron Saputra

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.104-113.32322

Abstract

Dewasa ini, permintaan sepatu di Indonesia melonjak signifikan, menandakan perlunya para pengusaha untuk terus berinovasi dan menciptakan produk dengan kualitas dan nilai yang luar biasa bagi konsumen. Lanskap kompetitif yang ada di antara produsen harus mengharuskan manajemen perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap kompetitif di pasar yang dinamis dengan memperhatikan promosi dan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 responden dengan melalui rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 150 orang yang kemudian datanya akan dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan Promosi berpengaruh positif dan mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu bata di Dc Mall Kota Batam. Kualitas Produk berpengaruh positif dan memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu bata di DC Mall Kota Batam. Lalu Promosi dan Kualitas produk berpengaruh positif dan memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu bata di DC Mall Kota Batam.

 

Kata kunci:  Keputusan Pembelian; Kualias Produk; Promosi; Sepatu Bata

 

Abstract

 

Today, the demand for shoes in Indonesia has increased significantly, indicating the need for entrepreneurs to continue to innovate and create products with exceptional quality and value for consumers. The competitive landscape that exists among manufacturers should require that company management make every effort to stay competitive in a dynamic market with an eye on promotion and product quality. This research is a quantitative descriptive study. The population in this study was 240 respondents using the slovin formula, a sample of 150 people was obtained, and the data was analyzed using the SPSS version 25 application. buying Bata shoes at Dc Mall Batam City. Product quality has a positive and partially significant effect on purchasing decisions for bata shoes at Dc Mall Batam City. Then Promotion and Product Quality have a positive and partially significant influence on the decision to purchase Bata shoes at DC Mall Batam City.

 

Keywords: Bata Shoe; Product Quality; Promotion; Purchase Decision

Author Biography

Cindy Widya Kenedi, Universitas Putera Batam

Program Studi Manajemen Bisnis

References

Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i3.82

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Mulltivariate dengan Program IBM SPSS 25 (IX). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Press: Depok, 1–224.

Kurniawan, A., Sofyanty, D., Yusuf, F., & Syarief, F. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Sepatu Bata Di Dki Jakarta. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2441–2451. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3143

Purba, T., & Husda, N. El. (2023). Manajemen Pemasaran Modern (Pemasaran dan Internet) (A. Wahdi (ed.); 1st ed.). DEWA Publishing.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustakabarupress.

Tempat, P., Mahasiswa, K., Agatha, M., Widyanti, S., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. 8(2), 99–102.

Tonce, Y., Firdiansjah, A., & Darsono, J. T. (2020). The Effect of Price Perceptions and Product Quality on Interest and its Impact on Purchase Decision Fabric Glove Sikka Motive in Maumere. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 06(03), 144–149. https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33754

Downloads

Published

2023-08-27

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.