Analisis Penetapan Tarif Kamar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Wisma Universitas Terbuka (Studi Kasus Pada Wisma Universitas Terbuka)
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v2i1.2020.53-70.3926Abstract
Wisma Universitas Terbuka adalah unit bisnis penginapan yang dikelola oleh Universitas Negeri yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPKBLU). Wiswa Universitas Terbuka melayanani penginapan para pegawai di berbagai daerah yang bertugas di kantor pusat, disamping itu juga Wiswa Universitas Terbuka menerima tamu dari masyarakat umum baik yang bersifat individu maupun korporasi. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berapa tingkat penghunian kamar, sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan dan apakah dalam penetapan tarif kamar serta kualitas pelayanan yang sudah diterapkan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Wisma Universitas Terbuka. Variabel dalam penelitian ini adalah penetapan tarif kamar (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kepuasan pelanggan (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik teknik regresi linear berganda menggunakan aplikasi MS Excel. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat penghunian kamar masih sangat rendah berkisar 5-6% maka disarankan agar dapat terus dikembangkan. Penilaian responden terhadap aspek tarif kamar, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan rata-rata baik. Diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 1.360 - 0.018 X1 + 0.705 X2. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan penetapam tarif kamar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa penetapan tarif kamar dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.343, hal ini berarti 34,3% kepuasan pelanggan pada Wiswa Universitas Terbuka dipengaruhi oleh tarif sewa kamar dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam studi ini.
Kata kunci: Strategi pemasaran; tarif; kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan; Wisma UT
References
Abdurahman dan Mudidin, 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.
Abdurahman, Maman. 2011. Dasar-Dasar metode Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.
Agus Sulastiyono, 1999. Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Alfabeta Bandung.
Agus Sulastiyono, Drs, M.si. 1999. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta Bandung
Anwar, Suroyo. 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview,.Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ari Prasetio, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT Bina Aksara, 1989)
Basu Swastha Dharmmessta, 2016. Manajemen Pemasaran, Buku Materi Pokok Universitas Terbuka, Penerbit Universitas Terbuka, Edisi 2.
Boyd, Harper W, 2000. Manajemen pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
Boyd, Harper W. dkk, (2000), Manajemen Pemasaran – Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global edisi 2 jilid 2, Jakarta : Erlangga
Demetrius dan Kasmiruddin, Pengaruh Kebijakan Penetapan Tarif Kamar Hotel Terhadap Minat Konsumen, (Kasus Evaluasi Tingkat Hunian Kamar Hotel Mona Plaza). https://docplayer.info/33232477.
Dharmmesta dan Handoko. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta
Fandy Tjiptono, 2002. Manajemen Jasa, Penerbit ANDI Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Sutrisno, 1989. Metodologi Research Jilid I & II, Yogyakarta: Andi Offset.
Husaini Usman dan Purnomo Setiady, Metodologi Penelitian Sosial, ( Jakarta : PT Bumi Aksara, 2006 )
Jogiyanto, H.M., 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta.
Jusniar Hutabarat, Analisis Hubungan Antara Tarif Pelayanan dan Kualitas Layanan Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kepuasan Kelompok Pasien Umum di Klinik “AN†Bandung, Universitas Komputer Indonesia, Program Pascasarjana, Prodi Magister Manajemen, UNPAD Bandung.
Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.
Kusjono, G., & Sudjiani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di Sma Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Feasible (Jif), 1(1), 83-94.
Kotler Philip, 1995. Manajemen Pemesaran, Implementasi, dan Pengendalian, Penerbit Salemba Empat, Analisis, Perencanaan, Edisi Bahasa Indonesia Jakarta.
Kotler, Philip (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller K Lane, 2006. Manajemen Pemasaran, Jakarta, Ghalia, Indonesia.
Kotler, Philip, dan Armstrong, 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.
Lumintang Intan Sintya, S. L. H. V. Joyce. Lapian, Merlyn M. Karuntu, Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepusan Pelanggan Jasa Transportasi Gojek Online pada mahasiswa FEB Unsrat Manado, ISSN 2303-1174, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Salemba Empat.
Machfoedz, Mahmud, 2005. Pengantar Pemasaran Moden, Yogyakarta, Upp AMP, Ykpn.
Modul IPWI, 1995. Strategi Bisnis Program Pasca SarjanaMagister Manajemen, Badan Penerbit IPWI.
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Bumi Askara. Jakarta
Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Peraturan Pemerintah RI, Nomor 23 Tahun 2005, Tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Sekretariat Negara RI.
Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya
Stanton, William J. (1981: 445) (2007). Manajemen Pemasaran dan Pe-masaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Stanton, William, J, 1996. Prinsip Pemasaran, Edisi ketujuh, jilid 2, cetakan keempat. Gelora Aksara Pratama.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Suroyo Anwar, 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview, Koesioner, dan Sosiometri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tjiptono, Fandy 2002, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi
Yusnani, Endang Sutrisna, Pengaruh kulaitas pelayanan dan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna Jasa Umroh pada PT/ Silver Silk & Travel, Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Riau, JOM FISIP Vol. 5: Edisi II Juli – Desember 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.