Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada PT Media Televisi Indonesia (Metro TV)
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v2i2.2020.115-125.4736Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan. Dan perusahan yang menjadi objek penelitian ini adalah PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV).
Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat daskriptif Assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Dengan menggunakan sampel tidak jenuh sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan teknik analisis data adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan ,pengujian hipotesis.
Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pelanggan PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 7,680 + 0,390x, yang artinya bahwa perubahan Y berjalan dua arah dengan perubahan X. Jadi setiap peningkatan nilai X akan diikuti dengan penurunan nilai Y, begitu pula sebaliknya nilai X menurun, maka nilai Y akan meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan. Dan dari nilai koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,700 sehingga dapat dikatakan kuat antara Kualitas pelayanan dan Kepuasan pelanggan pada PT. Metro TV, Koefisien determinasi lingkungan berpengaruh positif terhadap variabel kinerja sebesar 49,1% sedangkan sisanya 50,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti. Dan nilai thitung>ttabel, atau (9,515 > 1.661) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV).
Kata kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasaan Pelanggan
References
Arifin, Imamul dan Giana Hadi W, 2007.“Membuka Cakrawala Ekonomiâ€. PT. Setia Purna, Jakart.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
_______, 2014. “Manajemen Pemasaranâ€. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Becherel, Lionel Vellas Francois. 2018. “Pemasaran Pariwisata Internasionalâ€. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Dharmemesta dan Handoko, 2011, Manajemen Pemasara: Analisis Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.
Ghozali, Imam, 2006.“Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSSâ€. Cetakan keempat. Badan penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Handoko, 2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Penerbit, BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, Melayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar,Pengertian, dan MasalahEdisi Revisi.Jakarta : Bumi Aksara.
_______, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Husein Umar. “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnisâ€. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2008.
Istijanto, 2009. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaranâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Marketing Management. New Jersey: The Millennium Edition, PrenticeHall International Edition.
_______, 2009. “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
_______, 2012. “Manajemen Pemasaran Perspektif Asiaâ€, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Kotler And Amstrong. 2008 Principles of Marketing. Prentice Hall: Person Education, Inc
_______, 2009, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi. 13 Jilid 1, PT Indeks Jakarta.
_______, 2012.“Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi13. Jilid1. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.
_______, 2009. “Manajemen Pemasaranâ€, Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM, Penerbit Erlangga, Jakarta.
_______. 2009. Marketing Manajement. 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.
_______. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan Manajement Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1 dan 2. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta.
Lupiyoadi, 2011, Manajemen Pemasaran, Rajawali Press, Jakarta.
Lupiyoadi, Rahmat, dan A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Malhotra, N.K., “Riset Pemasaranâ€, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta, 2009.
Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mowen and Miror, 2005, Perilaku Konsumen, Erlangga, Jakarta.
Robbins and Coulter, 2013, Manajemen, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja. Dalam Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2 No. 1 Hal 1-15
Rangkuti, Freddy. 2009. “Strategi Promosi yang Kreatifâ€, Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.
Safroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing.
Schiffman & Kanuk, 2007, Perilaku Konsumen, dialihbahasakan oleh Zulkifli Kasip.
Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.