Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Bakso Rusuk Joss Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v7i1.2025.1-8.48886Abstract
Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bakso Rusuk Joss Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun teknik yang digunakan yaitu teknik sampling dengan metode probability sampling, metode pengambilan sampel menggunakan teori slovin. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Adapun hasil penelitian ini adalah Kualitas Produk (X₁) dan Kualitas Pelayanan (X₂) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan hasil persamaan regresi Y = 2,189 + 0,229X₁ + 0,256X₂. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan yang kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,857. Koefisien determinasi berpengaruh secara simultan sebesar 0,734 dengan nilai sebesar 73,4%. Uji hipotesis secara simultan Kualitas Produk (X₁) dan Kualitas Pelayanan (X₂) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) diperoleh hasil F hitung > F tabel atau 132,408 > 3,090, maka H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Kualitas Produk (X₁) dan Kualitas Pelayanan (X₂) terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
References
Dedy, A, & Alfandi, Y (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas hotel terhadap kepuasan konsumen di sari ater hot springs resort ciater. Jurnal Sains Manajemen, ejurnal.ars.ac.id,
Feliona, C., & Weny, W. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BRAYAN VEGETARIAN MEDAN. ESCAF, 1(1), 128–133.
Feliona, F., & Weny, W. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada usaha kuliner. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 24(2), 145-158.
Hanaysha, J. (2016). Testing the effects of food quality, price fairness, and physical environment on customer satisfaction in fast food restaurant industry. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31-40. https://doi.org/10.18488/journal.1006/2016.6.2/1006.2.31.40
Hartono, D., & Sutanto, J. (2020). Sejarah dan perkembangan kuliner tradisional Indonesia: Studi kasus pada bakso. Jurnal Sejarah Kuliner Indonesia, 8(3), 112-125.
Hasanawi, M. T., & Imsyar, S. I. (2022). PENGARUH PROMOSI, PREFERENSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT BETADINE SOLUTION PADA PT. DOS NI ROHA KOTA BANDUNG. JEMBA: JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(6), 973–984.
Hasanawi, R., & Imsyar, F. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen: Kajian empiris pada industri kuliner. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 78-90.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2019). Services marketing: People, technology, strategy (8th ed.). World Scientific Publishing.
Martín-Consuegra, D., Gómez, M., & Molina, A. (2018). The importance of quality, satisfaction, trust, and image in relation to loyalty in the fast-food sector. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 30(11), 3275-3292. https://doi.org/10.1108/IJCHM-02-2017-0089
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan konsumen PT. TOI Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta, 7(2), 113-125.
Nurhayati, S., & Rahman, T. (2019). Perkembangan kuliner bakso di Indonesia: Dari jajanan pinggir jalan hingga restoran mewah. Jurnal Kuliner dan Hospitality, 5(1), 45-57.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2018). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.
Ryu, K., & Han, H. (2017). The roles of quality of food, service, and physical environment on customer satisfaction and behavioral intention in quick-casual restaurants: Moderating role of perceived price. Journal of Hospitality & Tourism Research, 34(3), 310-329. https://doi.org/10.1177/1096348009350624
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.
Setiawan, H., Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Journal of Management, 5(5), 40-53.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi 5. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F. (2016). Service, quality & satisfaction (4th ed.). Andi Offset.
Trinanda, O., Yudiatmaja, W. E., & Safitri, D. (2018). Manajemen kualitas pelayanan dalam mewujudkan kepuasan pelanggan. Jurnal Administrasi Publik, 12(2), 115-127.
Widodo, A., & Shihab, M. S. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan konsumen restoran lokal Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 67-82.
Wijaya, A., Setiawan, B., & Nugroho, J. (2018). Perkembangan industri kuliner di Indonesia: Peluang dan tantangan. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 2(1), 45-58.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.