Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.31-41.8694Abstract
Kemajuan kewirausahaan di suatu negara akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kewirausahaan, minat berwirausaha mahasiswa dan pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Makassar. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, serta dokumentasi dengan jumlah populasi sebanyak 240 orang dan sampel sebanyak 120 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan untuk teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis uji korelasi product moment dinyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran sebesar 14,2 persen dinyatakan diterima dengan tingkat pengaruh rendah. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Keyword: Pembelajarn; Kewirausahaan; Minat
References
Acquaah, M. (2011). Business strategy and competitive advantage in family businesses in Ghana: The role of social networking relationships. Journal of Developmental Entrepreneurship, 16(01), 103–126.
Affandi, A., Sarwani, ., Sobarna, . A., Erlangga, . H., Siagian, . A. O., Purwanto, . A., Effendy, . A. A., Sunarsi, . D., Wicaksono, . W., Suyatin, ., Ariyanti, . E., Wahyitno, ., Manik, . C. D., Juhaeri, . & Gunartin, . (2020) Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11 (11), 1506-1515. doi:10.31838/srp.2020.11.213
Akçay, C., & Akyol, B. (2014). Self-actualization Levels of Participants in Lifelong Education Centers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1577–1580. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.437
Anselmus JE Toenlioe. (2016). Teori Dan Filsafat Pendidikan.
Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black Knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana? Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 165–172.
Bojica, A. M., & Fuentes, M. del M. F. (2012). Knowledge acquisition and corporate entrepreneurship: Insights from Spanish SMEs in the ICT sector. Journal of World Business, 47(3), 397–408. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jwb.2011.05.007
Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers & Education, 123, 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.007
Cullen, U. A., & De Angelis, R. (2020). Circular entrepreneurship: A business model perspective. Resources, Conservation and Recycling, 105300. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2020.105300
Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714
Fang, H., Chrisman, J. J., Memili, E., & Wang, M. (2020). Foreign venture presence and domestic entrepreneurship: A macro level study. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money, 68, 101240. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.intfin.2020.101240
Fatonah, A. D. I., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). Efektivitas Pemberian Reward dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Mts. Negeri Margadana Kota Tegal. SOSIOLIUM: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 169–173.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2002). Entrepreneurship. New York: McGraw Hill.
Holcombe, R. G. (1998). Entrepreneurship and economic growth. The Quarterly Journal of Austrian Economics, 1(2), 45–62. https://doi.org/10.1007/s12113-998-1008-1
Ibidunni, A. S., Kolawole, A. I., Olokundun, M. A., & Ogbari, M. E. (2020). Knowledge transfer and innovation performance of small and medium enterprises (SMEs): An informal economy analysis. Heliyon, 6(8), e04740. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04740
Intruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES), (1995).
Jumriah, J., Akib, H., & Darwis, M. (2016). Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Jurnal Office, 2(2), 155–162.
Kasmir. (2014). Kewirausahaan (10th ed.). Rajawali Pers.
M, A. A., & Talib, J. (2017). E-Learning Quipper School dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Uwais Inspirasi Indonesia.
Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6.
Nurdin, A. A., Niswaty, R., & Saleh, S. (2015). Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Office, 1(1), 109–113.
Rumelt, R. P. (1987). Theory, strategy, and entrepreneurship. The Competitive Challenge, 137(158), 1–22.
Saleh, S., & Arhas, S. (2019). The Effect of School Head Academic Supervision on Pedagogic Capability of Basic School Teachers in Manggala District Kota Makassar. International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019).
Sirait, E. J. M., Arhas, S. H., & Suprianto, S. (2019). The Influence of Assignment of Lecturers at School (ALS) Program on Students Learning Motivation in Tarakan City. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 79–88.
Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137–146.
Syam, A., & Sudarmi, S. (2019). Analysis of Student Entrepreneurship decision making in the Learning Prerspective. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 51–60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.