Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa

Authors

  • Muh. Darwis Universitas Negeri Makasar
  • Raju Kumar Universitas Negeri Makasar
  • Risma Niswaty Universitas Negeri Makasar
  • Muh. Nasrullah Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.31-41.8694

Abstract

Kemajuan kewirausahaan di suatu negara akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kewirausahaan, minat berwirausaha mahasiswa dan pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Makassar. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, serta dokumentasi dengan jumlah populasi sebanyak 240 orang dan sampel sebanyak 120 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan untuk teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis uji korelasi product moment dinyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran sebesar 14,2 persen dinyatakan diterima dengan tingkat pengaruh rendah. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

 

Keyword: Pembelajarn; Kewirausahaan; Minat

References

Acquaah, M. (2011). Business strategy and competitive advantage in family businesses in Ghana: The role of social networking relationships. Journal of Developmental Entrepreneurship, 16(01), 103–126.

Affandi, A., Sarwani, ., Sobarna, . A., Erlangga, . H., Siagian, . A. O., Purwanto, . A., Effendy, . A. A., Sunarsi, . D., Wicaksono, . W., Suyatin, ., Ariyanti, . E., Wahyitno, ., Manik, . C. D., Juhaeri, . & Gunartin, . (2020) Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11 (11), 1506-1515. doi:10.31838/srp.2020.11.213

Akçay, C., & Akyol, B. (2014). Self-actualization Levels of Participants in Lifelong Education Centers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1577–1580. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.437

Anselmus JE Toenlioe. (2016). Teori Dan Filsafat Pendidikan.

Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black Knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana? Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 165–172.

Bojica, A. M., & Fuentes, M. del M. F. (2012). Knowledge acquisition and corporate entrepreneurship: Insights from Spanish SMEs in the ICT sector. Journal of World Business, 47(3), 397–408. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jwb.2011.05.007

Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers & Education, 123, 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.007

Cullen, U. A., & De Angelis, R. (2020). Circular entrepreneurship: A business model perspective. Resources, Conservation and Recycling, 105300. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2020.105300

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Fang, H., Chrisman, J. J., Memili, E., & Wang, M. (2020). Foreign venture presence and domestic entrepreneurship: A macro level study. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money, 68, 101240. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.intfin.2020.101240

Fatonah, A. D. I., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). Efektivitas Pemberian Reward dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Mts. Negeri Margadana Kota Tegal. SOSIOLIUM: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 169–173.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2002). Entrepreneurship. New York: McGraw Hill.

Holcombe, R. G. (1998). Entrepreneurship and economic growth. The Quarterly Journal of Austrian Economics, 1(2), 45–62. https://doi.org/10.1007/s12113-998-1008-1

Ibidunni, A. S., Kolawole, A. I., Olokundun, M. A., & Ogbari, M. E. (2020). Knowledge transfer and innovation performance of small and medium enterprises (SMEs): An informal economy analysis. Heliyon, 6(8), e04740. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04740

Intruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES), (1995).

Jumriah, J., Akib, H., & Darwis, M. (2016). Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Jurnal Office, 2(2), 155–162.

Kasmir. (2014). Kewirausahaan (10th ed.). Rajawali Pers.

M, A. A., & Talib, J. (2017). E-Learning Quipper School dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Uwais Inspirasi Indonesia.

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6.

Nurdin, A. A., Niswaty, R., & Saleh, S. (2015). Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Office, 1(1), 109–113.

Rumelt, R. P. (1987). Theory, strategy, and entrepreneurship. The Competitive Challenge, 137(158), 1–22.

Saleh, S., & Arhas, S. (2019). The Effect of School Head Academic Supervision on Pedagogic Capability of Basic School Teachers in Manggala District Kota Makassar. International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019).

Sirait, E. J. M., Arhas, S. H., & Suprianto, S. (2019). The Influence of Assignment of Lecturers at School (ALS) Program on Students Learning Motivation in Tarakan City. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 79–88.

Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137–146.

Syam, A., & Sudarmi, S. (2019). Analysis of Student Entrepreneurship decision making in the Learning Prerspective. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 51–60.

Downloads

Published

2021-02-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.