Pengembangan Wirausaha Makanan Tradisional Berbahan Baku Ubi Jalar Sebagai Dampak Dari Peningkatan Permintaan Dunia Wisata di Desa Bandorasa Kab. Kuningan

Authors

  • Raden Roro Vemmi Kesuma Dewi STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah Jakarta
  • Endang Sondari Universitas Indraprasta PGRI
  • Denok Sunarsi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.42-54.8695

Abstract

Sektor pariwisata berkembang pesat di Kuningan. Merujuk pada kebijaksanaan otonomi daerah, setiap daerah dapat mengembangkan potensi yang ada, termasuk sektor pariwisata. Sehubungan dengan bidang kewirausahaan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, rasio wirausaha di Indonesia sebesar 3,10 persen dari jumlah penduduk sebanyak 225 juta orang. Rasio wirausaha Indonesia mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya 1,67%, kini menjadi 3,1%. berdasarkan data BPS 2016 dengan jumlah penduduk 252 juta, jumlah wirausaha non pertanian yang menetap mencapai 7,8 juta orang atau 3,1%. Dengan demikian, tingkat kewirausahaan Indonesia telah melampaui 2% dari populasi penduduk sebagai syarat minimal suatu masyarakat akan sejahtera. Perkembangan sektor pariwisata memberikan kesempatan untuk membangun bidang kewirausahaan, khususnya di bidang kuliner. Bidang kuliner ini dapat mendukung kegiatan pariwisata dengan memperkenalkan makanan tradisional yang merefleksikan karakter budaya dan warisan lokal dari setiap daerah. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan mencoba untuk memetakan lima kekuatan yang menentukan intensitas kompetitif dalam industri (5 kekuatan Porter), yaitu: (1) produk pengganti, (2) pesaing yang kompetitif, (3) pendatang baru, (4) penawaran supplier, dan (5) penawaran pembeli. Hasil pemetaan ini dapat dijadikan strategi pengembangan bisnis seni kuliner tradisional dengan metode analisis SWOT. Tulisan ini merekomendasikan sebuah strategi untuk mengembangkan bisnis seni kuliner tradisional melalui kegiatan pariwisata. Selanjutnya diharapkan melalui pengembangan sektor pariwisata dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan kewirausahaan di Kuningan. Hasil yang ditemukan adalah ada peningkatan pendapatan masyarakat dalam berwirausaha dengan menggunakan metode baru ini dibandingkan metode konvensional.

 

Kata kunci: Strategi kewirausahaan; Makanan tradisional; Pariwisata

References

Aris Suprapto, 2005 Analisis penawaran dan permintaan wisata dalam pengembangan potensi pariwisata, Semarang.

Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1).

Ballesco Warren, 2006, Meal to come, the regent of the university of calofornia,

Buchari Alma, 2010, Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung

Colen Erik dan Avieli, Nir, 2004, food in tourism, attraction and impediment, annals of tourism research.

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

Harnanto Sigit, 1993 Perkembangan dampak ekonomi pariwisata

Irmal, I., Gustiarani, E., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty Pengunjung Situs Website www. Cangkirbogor. com. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2).

Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.

Kasmad, K., Mustakim, M., & Sunarsi, D. (2020). Increasing Community School Interest Through Service Quality, Prices and Promotion in Vocational High Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2).

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Parma, I Putu Gede, 2012, Tesis Formulasi Strategi Pengembangan Masakan Lokal sebagai Produk Wisata Kuliner di kabupaten Buleleng, Universitas Udayana.

Pitama, 2009 Pengantar ilmu pariwisata. Yogyakarta

Saleh, Ismail, 2012, Tesis Sustainable Culinary Tourism in Pucak Bogor, IPB, Bogor.

Sobarna, A., Rizal, R. M., Hambali, S., & Sunarsi, D. (2020). Influence Make a Match Model toward Communication skills in Physical and Health Pedagogical Concept. Solid State Technology, 63(6), 1355-1363.

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57. books.google.com

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1).

Wahab, 2002 Management kepariwisataan Pradnya paramita, Jakarta

Waller, Kaith, 1996, Improving food and Beverage performance, Butterworth Heineman, Jordoan Hill, Oxford.

Warpani Suwardjoko, 2007, Pariwisata dalam tata ruang wilayah, ITB, Bandung

Y Kadarusman, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (JURNAL SEKOLAH) 4 (3), 213-221

Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect of Promotion and Price on Purchase Decisions. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 272-279.

Downloads

Published

2021-02-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.