Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Giant Ekstra CBD Bintaro)

Authors

  • Sunanto Apt Universitas Pamulang
  • Lingga Gumelar Wido Asmoro Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.70-76.9332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Giant Ekstra CBD Bintaro. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan kuesioner. Populasinya adalah konsumen Giant Ekstra CBD Bintaro,dengan rumus slovin didapat 99 responden. Uji analisis melalui Uji Validitas,  Realibilitas, Asumsi Klasik, Koefisien Korelasi Berganda, Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 14,446 + 0,062 X1 + 0,547 X2. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai KD sebesar 0,854. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan  uji F) pada taraf signifikansi 5%  diperoleh bahwa  ( 15,069) >  (3,09 ).  Hasil penelitian ini disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Giant Ekstra CBD Bintaro.

 

Kata Kunci: Promosi; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian

Author Biography

Sunanto Apt, Universitas Pamulang

(ID Scholar: bLUI9RQAAAAJ)

References

Apriwati Sholihat. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Journal of Chemical Information and Modeling.

Buchory Herry Acmad dan Saladin Djaslim. (2015). Pengaruh People , Physical Evidence, Product , Promotion , Price Dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.

Cheah, J.-H., Ting, H., Cham, T. H., & Memon, M. A. (2019). The effect of selfie promotion and celebrity endorsed advertisement on decision-making processes. Internet Research. doi:10.1108/intr-12-2017-0530

Djaslim, Saladin, 2002. (2017). Manajemen Pemasaran: Analisis, Pelaksanaan, dan Pengendalian, Linda Karya, Bandung. Journal of Chemical InformationalModeling.

Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks,. Jakarta. e–Jurnal Riset Manajemen.

Kottler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi ke-12. Jilid ke-1). Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kuali-tatif, Kuantitatif, dan R&D,Bandung: Alfabeta.

Sunanto. (2015). Analisis Pengaruh Faktor Individu, Lingkungan Konsumen, dan Strategi pemasar-an Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotik Sunfarma -Tangerang Selatan. Kreatif 3(1). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen.

Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Wulandari, D., & Subagio, A. 2015. Consumer Decision Making in Conventional Banks and Islamic Bank based on Quality of Service Perception. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 471–475 doi:10.1016/j.sbspro.2015.11.062

Yan, J., Tian, K., Heravi, S., & Morgan, P. (2017). The vices and virtues of consumption choices: price promo-tion and consumer decision making. Marketing Letters, 28(3), 461–475. doi:10.1007/s11002-017-9421-x

Downloads

Published

2021-02-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.