PENGARUH MAKRO EKONOMI DAN RASIO PERBANKAN TERHADAP PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS

Authors

  • Ulfa Indriyani Universitas Pamulang
  • Shinta Ningtiyas Nazar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiaup.v8i1.3769

Keywords:

Makro Ekonomi, Rasio Perbankan, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris pengaruh bi rate,nilai tukar,non performing loan, beban operasi dibanding dengan pendapatan operasi dan loans to deposit ratio baik secara parsial maupun simultan terhadap prediksi financial distress pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan total sampel sebanyak 36 perusahaan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah di tentukan. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang telah di audit periode 2015-2017 yang diambil dari situs Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji multikolinearitas, analisis regresi logistik biner dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji t, menunjukan bahwa non performing loan berpengaruh terhadap prediksi financial distress sedangkan bi rate, nilai tukar, beban operasi dibanding dengan pendapatan operasi dan loans to deposit ratio tidak berpengaruh terhadap prediksi financial distress. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji f, secara simultan bi rate,nilai tukar,non performing loan,beban operasi dibanding dengan pendapatan operasi dan loans to deposit ratio berpengaruh terhadap prediksi financial distress.

Author Biography

Shinta Ningtiyas Nazar, Universitas Pamulang

References

Afriyeni, Endang. (2015). Faktor- Faktor Makro Ekonomi Dalam Memprediksi Kondisi Financial Distress. Dosen Politeknik Negeri Padang Jurusan Administrasi Negara.

Berlianta, Heli Charisma. (2013). Mengenal Valuta Asing. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Bestari, Adhistya Rizky. (2013). Pengaruh Rasio Perbankan dan Ukuran Bank Terhadap Prediksi Financial Distress. Faktultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Diponegoro.

Boediono. (2014). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 5 Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPFE.

Brigham, Eugene F dan Joel F Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Chalendra, Prasetya Agusti. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemungkinan Terjadinya Financial Distress. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro.

Darmawan, Surya. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Governance, Variabel Ekonomi Makro Terhadap Financial Distress. Fakultas Bisnis Teknologi dan Informasi UTY. Vol. 7. No. 1.

Dendawijaya, Lukman. (2013). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fahmi, Irham. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gautama, Budi Pamungkas dan Gina Sofiasani. (2016). Pengaruh Rasio Perbankan Terhadap Prediksi Financial Distress. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syarif. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Center Fpr Academic Publishing Service.

Hidayat, dan Meiranto, W. (2014). Prediksi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Journal of Accounting. Vol. 3 (ISSN (Online): 2337-3806), Hal 1-11.

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2011). Standar Profesi Akuntan Publik (SPAP). Edisi Mei 2009. Jakarta: Ikatan Akuntan Public Indonesia.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kumalasari, R., R. Ekafitri, dan D. Desnilasari. (2014). The Effect of Fundamental Variables and Macro Variables on The Probability of Companies to Suffer Financial Distress a Study on Textile Companies Registered in BEI. European Journal of Business and Management, 6(34), 257-285.

Mankiw, N. Gregory. (2015). Principle of Macroeconomics, Sixth Edition. Canada: Cengage Learning.

Muhayatsyah, Ali. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Makro Terhadap Return dan Beta Saham Syari’ah Pada Perusahaan Yang Konsisten Di Jakarta Islamic Index. Jurnal Hukum Islam Dan Ekonomi. Vol 1. Nomor 2. STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

Munawir, S. (2015). Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Nadi, Luh. (2015). Analisis Pengaruh CAR, NPL dan NIM Terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prodi Akuntansi S1. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang, Banten.

Ningsih, Nurul Sulistiya. (2017). Analisis Pengaruh Variabel Makro dan Rasio Keuangan untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Noor, Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

NPM, Anida Sofiati. (2015). Pengaruh Indikator Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi terhadap Prediksi Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013).

Peter dan Yoseph. (2011). Analisis Kebangkrutan Dengan Metode Z-Score Altman, Springate dan Zmijewski Pada PT. Indofood Sukses Tbk Periode 2005-2009. Dalam akurat jurnal ilmiah akuntansi nomor 04 tahun ke-2 januari-april 2011.

Pratama, Rendra. (2015). Analisis Pengaruh Rasio Keuangan untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Bank Umum Syariah Menggunakan Model Logit di Indonesia. Journal of Business Management and Enterpreneurship Education. Volume 1, Number 1, April 2016, hal.136-146.

Prihadi, Toto. (2013). Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi. Jakarta:PPM.

Putong, Iskandar. (2013). Economics Pengantar Mikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wicana Media.

Rahmania, Meilita Fitri dan Suwardi Bambang Hermanto. (2014). Pengaruh Rasio Perbankan Terhadap Prediksi Financial Distress. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Rahmy. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Sales Growth, dan Aktivitas Terhadap Financial distress. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Riyadi, Sugeng. (2016). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress Perusahaan Bank Perkreditan Rakyat. Fakultas Ekonomi.

Rusaly, Adila. (2016). pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Saputra, I Gede Agus Angga, dan I.B. Dharmadiaksa. (2016). Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah, Leverage dan Profitabilitas pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayan, 16 (2): 1007-1033.

Sari, Elisa Valenta. (2017). Bank Permata Merugi Rp6,48 Triliun di https://m.cnnindonesia.com (di akses 17 November 2018)

Sofiasani, Gina dan Budi Pamungkas Gautama. (2016). Pengaruh Rasio Perbankan Terhadap Prediksi Financial Distress. Universitas Pendidikan Indonesia.

Spica, Luciana dan Emanuel Kristijadi. (2013). “Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakartaâ€. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (JAAI). Vol. 7. No. 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: PT Alfabet.

Sukirno, Sadono. (2013). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sulaksana, Taufik. (2016). Analisis Rasio Keuangan dan Variabel Ekonomi Makro dalam Memprediksi Financial Distress Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Sunariyah. (2013). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi ke empat. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Triyono, Ayon. (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Jogjakarta: Oryza.

Veronica, Sylvia. (2006). Akuntansi Keuangan Lanjutan Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Weston, Fred J dan Thomas, E Copeland. (2010). Manajemen Keuangan Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara Publisher.

Wicaksana., Dwi Fany. (2011). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi Malang: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Website:

https://www.bi.go.id

https://www.idx.co.id

https://www.sahamok.com

Downloads

Published

2020-03-17