Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Yang Terdaftar Pada BEI 2016-2020

Authors

  • Soleha Winny Adihesti Universitas Muhammadiyah

Keywords:

Biaya Produksi, Biaya Promosi, Laba Bersih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dapat mengetahui adanya pengaruh atau tidak terhadap biaya produksi dan biaya promosi terhada laba bersih perusahaan manufacturing sector barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Adapun data riset ini menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan analisis regresi liier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa biaya produski dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap laba bersih. Tetapi secara signifikan biaya produksi tidak berpengaruh terhadap laba bersih, tetapi biaya promosi beroengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sector barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil dari penelitian ini sangat diharookan dapat menjadi salah satu informasi untuk memaksimalkan laba bersih

References

Endang Susilawati 2019. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Studi Kasus Perusahaan Rokok PT. Gudang Garam Tbk 2011-2017

Felicia Felicia, Robinhot Gultom, 2018. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

I Made Ari Yuda Dan I Ketut Puja Wirya 2020. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2017

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.

Mulyana Asep 2017. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Usaha Samsung Co Tahun 2009-2015

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Yulianus, Hendrik S & Sri Andika 2021. Penagruh Biaya Promosi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Studi Kasus PT. Nippon Inosari Corpindo Tbk Tahun 2014-2019

Downloads

Published

2022-04-01