Pengaruh Job Satisfaction, Motivation and Work Discipline Terhadap Employee Performance di Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Pertanian pada masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Fandi Fandi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Renny Husniati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dahlia Br Pinem Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.

Abstract

Riset kuantitatif penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Pertanian. Populasi yang dilakukan pada penelitian ini merupakan pegawai Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Pertanian pada tahun 2021. Sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling, dan teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Sumber informasi dalam riset ini diperoleh dengan menyebar kuesioner pada 78 responden pegawai Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Pertanian. Pengujian hipotesis dan analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif serta inferensial, aplikasi pengolahan informasi data memakai PLS 3.3 dengan taraf signifikasi 5%. Hasil dari riset ini yaitu (1) kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. (2) motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. (3) disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikanterhadap kinerja pegawai.

References

Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Arda, M. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Putri Hijau Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 45–60. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1097

Arisanti, K. D., Santoso, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pegadaian ( Persero ) Cabang Nganjuk. 2, 101–118.

Bagaskara, B. I., & Rahardja, E. (2018). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadao Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Cen Kurir Indonesia, Jakarta) Bagus. Diponegoro Journal of management, 7(2), 1–11.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (ke-1). Jakarta: Prenadamedia Group.

Dewi, D. P., & Harjoyo. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (ke-1; E. Junaedi, ed.). Tanggerang Selatan: UNPAM PRESS.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan 63 Kinerja (Edisi Pert). Jakarta: Jakarta: Mitra Wacana Media.

Farisi, S., Irnawati, J., & Fahmi, M. (2020). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Humaniora, 4(02), 15–33. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.31

Fitrianto, I. (2020). The Effect of Motivation, Work Discipline and Satisfaction on Performance of the Employee. Journal Stiemkop, 1(September), 113–134.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (4 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. F., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120–135. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4866

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan (Edisi Kedu). Bandung: Bandung.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.

Segero, W. (2018). Buku ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish

Suhariadi, F. (2013). Manajemen Sumber DayaManusia Dalam Pendekatan Teoritis-Praktis (ke-1; B. Wardiyanto, ed.). Surabaya.

Suhendi, H., & Anggara, S. (2018). Perilaku Organisasi (ke-3). Lingkar Selatan: Pustaka Setia.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Widaningsih, A. R. (2020). Tantangan Bagi Organisasi dalam Mempertahankan Kinerja Pegawai Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. 6(3), 193–198. Diambil dari http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah

Downloads

Published

2022-04-01