Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa (Studi Kasus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Authors

  • Mey Habibah Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Media Sosial, Self Efficacy, Wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh media sosial dan self Efficacy pada minat iminat berwirausaha mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Studi ini menemukan bahwa media sosial berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa, karena seperti yang kita ketahui saat ini bahwa media sosial digunakan tidak hanya untuk mencari informasi terkini dan sebagainya tetapi juga bisa digunakan untuk tempat berwirausaha. Sementara untuk self Efficacy juga memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Karena self efficacy imempengaruhi kepercayaan seseorang pada tercapai atau tidaknya tujuan yang sudah ditargetkan. iSemakin tinggi ikepercayaan diri iseorang mahasiswa atas ikemampuan dirinya untuk idapat berusaha, maka isemakin besar pula keinginannya untuk menjadi seorang wirausaha

References

Alfaruk, M. H. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi dan Pengetahuan terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164-172. Artiandewi, A. (2016). Pengaruh Efikasi Diri Berwirausaha dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Yogyakarta. Astarini, I. & Mahmud, A. (2015). Pengaruh Self-efficacy, Prestise Profesi Guru dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2011 FE UNNES. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 469-481.

Anggraeni, D. A. L., & Nurcaya, I. N. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2424–2453.

Aprilda Yanti. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol 2, No. 2.

Bustan, J. (2014). Pengaruh prestasi, locus of control, risiko, toleransi ambiguitas, percaya diri, dan inovasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Orasi Bisnis : Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 11(1), 60–67.

Kurniawan, Y. R., & Harti. (2013). Pengaruh Tingkat Penggunaan Sosial Media terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 1 No 3. Maulida, S. R. & Dhania D. R. (2012). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Undip. Vol 11 No 2..

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Kiat BISNIS, 5(3), 201–211.

Puspitaningsih, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Wirausaha dengan Self-efficacy sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Dewantara. Vol. 2 No 1.

Sinurat, J. P., Aini, Y., & Makmur, M. (2018). Pengaruh Motivasi, Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Minat Berwirausaha. Cano Economos : Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi, 7(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Yasundari. (2016). Hubungan Penggunaan Instagram dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) dalam Meningkatkan Produktivitas. Journal Kajian Komunikasi, 4(2), 208-218.

Downloads

Published

2022-08-01