Potensi Binjai Milenial Market Sebagai Peluang Wadah Memulai Bisnis Baru

Authors

  • Dita Ayu Susmita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Binjai Milenial Market, Entreprenuership, Potentional.

Abstract

Kemampuan mengidentifikasi peluang bisnis baik atas hasil dari melakukan surveI konsumen, tingkat persaingan, serta lokasi akan mendorong terciptanya ide terbaik dalam membuka dan mengembangkan usaha bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa peka seseorang menangkap informasi akan potensi lingkungan sekitar dalam menjadikannya sebagai seorang wirausahawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Binjai Milenial Market (BMM), sebagai pasar malam modern satu-satunya di Kota Binjai saat ini, jika diteliik dari lokasinya sangat berpotensi bagi para pebisnis untuk membuka atau mengembangkan usahanya di pasar malam modern ini. Lokasi yang kian eksis dan ramai dikunjungi pengunjung ini, akan memberikan keuntungan bagi pebisnisnya. Pebisnis baru bisa melakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) jika ingin membuka usaha di lokasi ini. Seperti membuka usaha angkringan, penerapan strategi pemasaran dan pelayanan yang berbeda dengan pesaing akan menjadikan bisnisnya sebagai primadona yang dicari-cari pengunjung saat berkunjung ke BMM.

References

Albra, Wahyuddin. dkk. (2019). Usaha Kecil & Kewirausahaan Pola Pikir, Pengetahuan, Keterampilan. Medan : Madenatera Qualified Publisher.

Atmaja, Hanung Eka. Dian Marlina Verawati. (2021). Peluang Bisnis di Era Covid-19, JAB (Jurnal Akuntansi dan Bisnis) Vol. 6 No. 2

Cahyadi, Risky. (2022, 16 Januari). Binjai Millenial Market, Tempat Tongkrongan Favorit di Tengah Kota Menikmati Liburan Akhir Pekan. https://medan.tribunnews.com.cdn.ampproject.org/v/s/medan.tribunnews.com/amp/2022/01/16/binjai-millenial-market-tempat-tongkrongan-favorit-di-tengah-kota-menikmati-liburan-akhir-pekan

Kusuma, Indra Lila. Tita Nur Fitria. Maya Widyana Dewi. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19, Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Nasib, Ismiriati. Eka Sudarmaji. (2017). Model Bisnis Kanvas: Alat Untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru Bagi Pengusaha UKM, 1st National Conference on Business and Entrepreneurship “Building Business and Entreprenuerial Platformâ€.

Setiawan, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kuris Jne Agen Jasafa Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 1 No.2

Setiawan, Elfa. Mohammad Farhan Alwi. Analisis Strategi Bisnis Pada Angkringan Bocah Jajan (BOJAN) Di Kota Jakarta Utara

Sitepu, Fitri. Yohana Situmorang. (2022, 05 April). Binjai Millenial Market, Pasar Malam Modern dengan Keseruannya. https://suarausu.or.id/binjai-millenial-market-pasar-malam-modern-dengan-keseruannya

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Downloads

Published

2022-08-01