Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Bandar Setia Untuk Berwirausaha

Authors

  • Gita Islya Asmara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M. Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Minat masyarakat, Kewirausahaan, Faktor internal, Faktor eksternal, Bandar setia

Abstract

Secara khusus penulis meneliti masyarakat Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan agar lebih memahami variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi minat berwirausaha masyarakat desanya. Penulis memggunakan tiga variabel bebas sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini, yang menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal dan emosional berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha warga Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Semakin banyak faktor internal mendorongan masyarakat, semakin kuat keinginan masyarakat untuk berwirausaha, dan semakin besar kapasitas emosional atau juang seseorang, semakin besar ambisi mereka untuk menjadi seorang wirausaha. Faktor Eksternal, sebaliknya, memiliki dampak yang kecil bagi masyarakat desa Bandar Setia, di mana masyarakat merasa percaya diri dengan bakat mereka sendiri dan mendapat dukungan dari keluarga dan emosi mereka untuk menciptakan usaha sendiri.

References

Adha, Fadhol, dkk (Agustus 2020). Analisis Faktir-Faktor Yang Mempengaruhi Komunitas Wirausaha Persewaan Lapangan Futsal Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen dan Keuangan Terapan (Mankeu). Vol. 9 No. 02 Agustus 2020. P-ISSN: 2252-8636.

Afif Nur Rahmadi dan Budi Heryanto. (2016). Analisis Faktir-Faktor Yang Mempengaruhi Minta Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kediri. Vol. 1 No. 2 September 2016.

Jamu, Maria Endang (Juni 2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Flores). INOBIS: Jurnal Inivasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia. Vol 1, Nomor 3, Juni 2018

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mahanani, E., & Sari, B. (2018). "Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia.". YA. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol 2 No (1), 31-40.

Rani, Wiwi (2015). "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Mahasiswa Berwirausaha (Mahasiswa S-1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Univeristas Brawijaya)"

Rusda dan Shinta (2014), "Faktor-Faktor Yang Memotivasi Minat Mahasiswa Berwirausaha di Politeknik Negeri Batam". Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol 2. No 1, April 2014.

Siswadi, Y. (2014). " Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa". Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 13. No 1.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Supriandi dan Yusuf Iskandar. (Juni 2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kewirausahaan: Studi Sastra. SENMABIS: Seri Konferensi. Vol 1. No 1. (Juni 2021): 96-107.

Tisa, A., & Anggadwita, G. (2018). "Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Wanita Pengusaha, Pemilik Bisnis Fashion Di Kota Bandung". eProsiding Manajamen, Vol 5 No (2).

Winda Safitri, Dahmiri. (2019). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Jambi. Jurnal Manajemen dan Keuangan Terapan. Vol 8. No 1. April 2019.

Wiranda, Angga, dkk (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Masyarakat Pulah Denan Kecamatan Katang Birade Kabupaten Lingga. SOJ : Study Knline Journal Of Maritime University Raja Ali Haji. Vol 1 No 2. Tahun 2020.

Downloads

Published

2022-08-01