Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Toko Indomaret Cabang Gunung Raya Cirendeu

Authors

  • Nurosalita Nurosalita Universitas Pamulang
  • Buchori Hasmi Nuriman Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Layanan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu, untuk mengetahui Kepuasan Pelanggan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan (x) terhadap kepuasan pelanggan (y) yaitu nilai koefisien korelasi product moment Rxy = 0,719, Koefisien Determinasi = 51,69%, tingkat signifikan adalah thitung 10,241 > ttabel 1,984, maka Ho ditolak dan H1 diterima, Regresi Linier jika (x) dinaikan 1% maka (y) akan naik 0.60 dan sebaliknya jika (x) diturunkan sebesar 1% maka (y) akan turun sebesar 0.60. dengan demikian Kualitas layanan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu masih dalam kategori sangat baik (SB) sebesar 14,9% dan baik (B) 37,9% dan secara keseluruhan adalah 52,8%, dan kepuasan pelanggan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu masih dalam kategori sangat puas (SP) 12% dan puas (P) 37,7% dan secara keseluruhan adalah 49,7%. Dalam penelitian ini ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan (x) terhadap kepuasan pelanggan (y) di Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu.

References

Adisaputro, Gunawan. (2010), Manajemen Pemasaran, Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Alma, Buchori. (2001), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

Assauri, Sofjan. (2009), Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada

Azwar, Saifuddin. (2003), Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Gregorius, C. (2009), Service Quality & Satisfaction, Andi, Yogyakarta

Gulo, W. (2002), Metode Penelitian, PT. Grasindo, Jakarta.

Handoko, (2007) , Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE Cetakan ke Empat Belas, Yogyakarta.

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran : Cara Praktir Meneliti Konsumen dan Pesaing, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

K, Soekarno. (2000), Dasar-Dasar Manajemen, Penerbit Miswar, Jakarta

Kotler, Philip dan Kaller Kevin Lane. (2009), Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua Edisi Ketiga Belas, PT. Indeks, Jakarta

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. (2009), Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta

Nasution, (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Bogot

Nitisemito, Alex. S. (2002), Manajemen Personalia. Edisi Revisi, Penerbit Gahlia, Jakarta

Rangkuti, Freddy. (2008), Measuring Customer Satisfaction Gaining Customer Relationship Strategy, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN – JP, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sugiyono. (2011), Metode Peneliatian Kualitatif dan Kuantitatif, dan R & D, Alfabet, Bandung

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Sutedjo. (2007), Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen, Pustaka Reka Cipta, Bandung

Suyanto, M. (2007). The American Marketing, Andi, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2008), Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Malang

Umar, Husein. (2000), Metodologi Penelitin Aplikasi dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Zeithaml, Valarie A. And Mary Jo, Bitner. (2001), Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. Third Edition. North Amerika

Downloads

Published

2022-12-01