Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Toko Indomaret Cabang Gunung Raya Cirendeu
Keywords:
Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Layanan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu, untuk mengetahui Kepuasan Pelanggan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan (x) terhadap kepuasan pelanggan (y) yaitu nilai koefisien korelasi product moment Rxy = 0,719, Koefisien Determinasi = 51,69%, tingkat signifikan adalah thitung 10,241 > ttabel 1,984, maka Ho ditolak dan H1 diterima, Regresi Linier jika (x) dinaikan 1% maka (y) akan naik 0.60 dan sebaliknya jika (x) diturunkan sebesar 1% maka (y) akan turun sebesar 0.60. dengan demikian Kualitas layanan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu masih dalam kategori sangat baik (SB) sebesar 14,9% dan baik (B) 37,9% dan secara keseluruhan adalah 52,8%, dan kepuasan pelanggan pada Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu masih dalam kategori sangat puas (SP) 12% dan puas (P) 37,7% dan secara keseluruhan adalah 49,7%. Dalam penelitian ini ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan (x) terhadap kepuasan pelanggan (y) di Toko Indomaret Gunung Raya Cirendeu.References
Adisaputro, Gunawan. (2010), Manajemen Pemasaran, Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, UPP STIM YKPN, Yogyakarta
Alma, Buchori. (2001), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Assauri, Sofjan. (2009), Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada
Azwar, Saifuddin. (2003), Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Gregorius, C. (2009), Service Quality & Satisfaction, Andi, Yogyakarta
Gulo, W. (2002), Metode Penelitian, PT. Grasindo, Jakarta.
Handoko, (2007) , Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE Cetakan ke Empat Belas, Yogyakarta.
Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran : Cara Praktir Meneliti Konsumen dan Pesaing, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
K, Soekarno. (2000), Dasar-Dasar Manajemen, Penerbit Miswar, Jakarta
Kotler, Philip dan Kaller Kevin Lane. (2009), Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua Edisi Ketiga Belas, PT. Indeks, Jakarta
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. (2009), Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta
Nasution, (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Bogot
Nitisemito, Alex. S. (2002), Manajemen Personalia. Edisi Revisi, Penerbit Gahlia, Jakarta
Rangkuti, Freddy. (2008), Measuring Customer Satisfaction Gaining Customer Relationship Strategy, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN – JP, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono. (2011), Metode Peneliatian Kualitatif dan Kuantitatif, dan R & D, Alfabet, Bandung
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sutedjo. (2007), Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen, Pustaka Reka Cipta, Bandung
Suyanto, M. (2007). The American Marketing, Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. (2008), Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Malang
Umar, Husein. (2000), Metodologi Penelitin Aplikasi dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Zeithaml, Valarie A. And Mary Jo, Bitner. (2001), Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. Third Edition. North Amerika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Magister is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.