Analisis Studi Kelayakan Bisnis Ayam Penyet Cabe Ijo

Authors

  • Aah Koriah Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang
  • Nita Laila Asyifa Universitas Pamulang
  • Parlindungan Ambarita Universitas Pamulang

Keywords:

Studi Kelayakan Bisnis, Ayam Penyet

Abstract

Studi tentang kelayakan memulai bisnis diperlukan untuk memahami risiko yang terlibat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah usaha ayam penyet AA Sipit di Jakarta Selatan berpeluang untuk diluncurkan atau tidak. Setiap aspek yang dijadikan indikator dalam kajian praktik bisnis harus memenuhi standar yang relevan; Namun demikian, analisis tidak terbatas pada satu aspek saja. Untuk mengatasi masalah kelayakan dengan benar, beberapa pertimbangan harus dilakukan. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif yang meliputi pemeriksaan pola pasar dan penawaran, pola teknologi dan industri, pola organisasi dan manajerial, dan pola keuangan. Penelaahan terhadap data pasar menunjukkan bahwa praktik bisnis cukup berhasil, terlihat dari bertambahnya jumlah permintaan produk. Analisis teknis dan produksi menunjukkan bahwa lokasi usaha “Ayam Penyet Cabe Ijo AA Sipit†dan peralatan perusahaan dalam keadaan baik dan bersih untuk melakukan kegiatan produksi dan dapat memenuhi permintaan pasar akan kapasitas produksi. Analisis organisasi dan manajemen menunjukkan bahwa pemilik perusahaan menjalankan tugas manajemennya dengan benar dan sebagaimana mestinya.

References

Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Jakfar, K. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.

Kasmir dan Jakfar, 2003. Studi Kelayakan Bisnis . Kencana. BogorMansyuri, R. (2003). Kebijakan perpajakan. Jakarta: Yayasan Pendidikan dan Pengkajian Perpajakan.

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Purnomo, R. A., Riawan, R., & Sugiharto, L. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. UNMUH Ponorogo Press.

Sulastri, L. (2016). Studi Kelayakan Bisnis untuk Wirausaha. LGM-LaGood’s Publishing.

Sunardi, N. (2022). Liquidity and Asset Growth on Telecommunications Companies Value. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 5(3), 299-307.

Syarbaini, A. (2015). Kelayakan Potensi Pengembangan Usaha Es Susu Jagung Manis (Zea Mays Sacc.). Jurnal Pertanian, 6(1), 21–34.

Yanuar, D. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal E-KOMBIS, II(1), 41–51.

Downloads

Published

2023-05-17