Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. BFI Finance Indonesia TBK Cabang Bintaro

Authors

  • Suhandi Suhandi Universitas Pamulang
  • Ade Yusuf Universitas Pamulang
  • Yuyus Kadarusman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11041

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap peningkatan penjualan pada PT. BFI Finance Indonesia, Tbk Cabang Bintaro. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan sebesar 40,7%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,867 > 1,987). Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan sebesar 49,7%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,343 > 1,987). Kualitas pelayanan dan persepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan persamaan regresi Y = 10,160 + 0,270X1 + 0,487X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 55,0%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (54,327 > 2,710).

References

Algifari, “Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2013.

Ardiansyah, G. (2019). Perbandingan Tingkat Produksi Dan Volume Penjualan Bawang Daun Organik Dan Anorganik Di Koperasi Mitra Sejahtera Cianjur. Agroscience (AGSCI), 9(2), 167-177.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2013.

Basu Swastha, Dharnesta dan Irawan, “Manajemen Pemasaran Modernâ€, Liberty, Yogyakarta, 2014.

Dharmayuni, L., Sunarsi, D., Sembiring, E. S. K., Satata, S., Bahrudin, U., Erlangga, H., ... & Salam, A. F. (2021). Effect of Distribution Cost and Promotion Cost on Tyre Industries Sales Performance. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12672-12684.

Dwi Rompis, Wilem Tumbuan, Jacky Sumaurauw, ISSN:2303-1174. Vol.05 No.03 (2017). Pengaruh Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT Tridjaya Mulia Sukses.

Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.

G.R. Terry, and Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2013.

Ghozali, Imam, 2014, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23â€., Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Haque, M. G., Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.

Hasan, Ali, “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta, 2013

Hindarsah, I. (2021). The Influence of Service Quality, Emotional Marketing and Spiritual Marketing On Customer Satisfaction. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3685-3689.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2014.

Kotler “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2014.

Marbun, B.N, 2013, Kamus Manajemen, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

Muhamad In’amul Chulaifii, Endang Setyowati, ISSN: 2579-7980. Vol.03 No.01 (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Konsumen Jasa Travel Umrah dan Haji PT. Sebaris Warna Berkah di Surabaya.

Nurjaya, N. P. M. (2019). Pengaruh Sumber Daya Inti, Sumber Daya Kritikal, Market Based Terhadap Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Produk Gula Aren (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan).

Priyatno, Duwi, 2014, “SPSS Untuk Analisa Korelasi, Regresi, dan Multivariateâ€, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Rangkuti Freddy, 2013. â€Strategi Promosi Yang Kreatifâ€, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, Singgih, 2014, “Statistik Parametikâ€, Jakarta. PT Gramedia Pustaka Umum.

Setiawati, N. P. A., Sunarsi, D., Nurjaya, S., Manan, A., Nurhadi, A., Erlangga, H., ... & Purwanto, A. (2021). Effect of Technology Acceptance Factors, Website Service Quality and Specific Holdup Cost on Customer Loyalty: A Study in Marketing Departement of Packaging Industry. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12685-12697.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2016.

Sunyoto, Danang. 2014, “Strategi Pemasaranâ€, Yogyakarta CAPS.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2014.

Y Kadarusman, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (JURNAL SEKOLAH) 4 (3), 213-221.

Yulistiana, I., Dewi, R. V., Mas' adi, M., Sunarsi, D., & Erlangga, H. (2021). Did Brand Perceived Quality, Image Product And Place Convenience Influence Customer Loyalty Through Unique Value Proposition?. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(1), 2854-2867.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Suhandi, S., Yusuf, A., & Kadarusman, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. BFI Finance Indonesia TBK Cabang Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 261–270. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11041

Issue

Section

Articles