Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11044Keywords:
Brand image, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pada PT. Wahana Motor di Wilayah Cianjur. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel brand image diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,405 dengan kriteria baik. Variabel keputusan pembelian diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,830 dengan kriteria baik. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai persamaan regresi Y = 6,764 + 0,867X, dan nilai koefisien korelasi 0,779 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 60,7%. Uji hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.References
Aaker, A. David. “Manajemen Brand image Alih bahasa oleh Aris Ananda", Wilayah Cianjur: Mitra Utama. 2008.
Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti, “Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosialâ€, Yogyakarta: Gaya Media. 2007.
Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.
Alma, Buchari. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€, Bandung: Alfabeta. 2013.
Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Wilayah Cianjur: Rineka Cipta.
Arikunto. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktekâ€, Wilayah Cianjur: Rineka Cipta. 2010.
Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.
Basu Swastha dan Irawan, “Asas-asas Marketingâ€, Yogyakarta: Liberty. 2005,
Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.
Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Wilayah Cianjur: PT. Gramedia Pustaka.
Brown,H. Douglas, “Teaching by Principle An Interactive Approach to Language Pedagogyâ€, San Francisco: Longman. 2001.
Deliyanti Oentoro, “Manajemen Pemasaran Modernâ€, Yogyakarta: LakBang PRESSindo. 2010.
Dharmayuni, L., Sunarsi, D., Sembiring, E. S. K., Satata, S., Bahrudin, U., Erlangga, H., ... & Salam, A. F. (2021). Effect of Distribution Cost and Promotion Cost on Tyre Industries Sales Performance. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12672-12684.
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Wilayah Cianjur: Edisi tiga. Andi.
Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Wilayah Cianjur: Gramedia Pustaka Utama.
George Terry R & Rue, Leslie W. Rue (2016) Dasar-Dasar Manajemen, Wilayah Cianjur Bumi Aksara.
Haque, M. G., Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.
Hindarsah, I. (2021). The Influence of Service Quality, Emotional Marketing and Spiritual Marketing On Customer Satisfaction. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3685-3689.
Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., “Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaranâ€, Wilayah Cianjur: Kencana. 2003.
Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Wilayah Cianjur: Erlangga.
Lamb, Charles. W, Et al, “Pemasaran Buku", I. Edisi I. Wilayah Cianjur : Salemba Empat. 2011.
Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Wilayah Cianjur: Salemba Empat.
Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Wilayah Cianjur). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.
Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263-280.
Nurjaya.(2021). The Influence of Core Resources and Critical Resources on Customer Value on MSMEs Palm Sugar Products. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen. Volume 9. Issue.1. Pages 135-146
Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Wilayah Cianjur: PT. Indeks.
Rangkuti, Freddy, “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnisâ€, Wilayah Cianjur : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama . 2014.
Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.
S. A. Surachman, “Dasar-Dasar Manajemen Merekâ€, Malang: Bayumedia Publishing. 2008.
Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Wilayah Cianjur: PT Elex Media Komputindo.
Setiawati, N. P. A., Sunarsi, D., Nurjaya, S., Manan, A., Nurhadi, A., Erlangga, H., ... & Purwanto, A. (2021). Effect of Technology Acceptance Factors, Website Service Quality and Specific Holdup Cost on Customer Loyalty: A Study in Marketing Departement of Packaging Industry. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12685-12697.
Siregar, Sofyan, “Statistika Deskriptif untuk penelitianâ€, Wilayah Cianjur: Rajawali Pers. 2010.
Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.
Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Supardi. “Manajemen pemasaranâ€, Wilayah Cianjur: Raja Grafindo Persada. 2014.
T Triyadi, U Ahidin, J Jasmani - Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Surya Karya Prima Di Wilayah Cianjur.
Yulistiana, I., Dewi, R. V., Mas' adi, M., Sunarsi, D., & Erlangga, H. (2021). Did Brand Perceived Quality, Image Product And Place Convenience Influence Customer Loyalty Through Unique Value Proposition?. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(1), 2854-2867.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).