Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha N-MAX Pada PT. Hasjrat Abadi Motor Kota Sorong

Authors

  • La Ode Darman Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11141

Keywords:

Desain Produk, Promosi, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk, promosi, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian motor Yamaha N-Max Pada PT. Hasjrat Abadi Motor. Populasi penelitian ini adalah para konsumen yang telah melakukan pembelian motor merek Yamah N-Max di PT. Hajrat Abadi Motor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan metode Simple Random, dan dengan teknik tersebut diperoleh 60 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuisoner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung sebesar 18,838 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 37,332 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (3) Gaya Hidup berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 31,429 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (4) Desain produk, promosi, dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 486,105dan signifikansi 0,000.

References

Aaker, David.A. 1997. Manajemen Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta : Penerbit Mitra Utama.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Cetakan Pertama, CV Pustaka Setia ; Bandung

Albari. 2008. Mengenal Perilaku Konsumen Mengenai Penelitian Motivasi. Jurnal Siasat Bisnis, UII, No. 7 Vol. 1, Yogyakarta.

Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran menurut para ahli. Jakarta: Erlangga.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajeme : Pedoman Penelitian Untuk

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Cetakan ke V. Pustaka Yogyakarta.

Binpodo. 2012. Teknik Sampling. https://sugithewae. wordpress.com/2012/12/08/ tekniksampling/(Di akses 15 Juni 2020)

Buchari Alma. 2007. Hal 150. Manajemen Pemasaran dan Pemasan Jasa. Edisi Revisi, Bandung : Cv. Alfa Beta.

Bungin, Burhan. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua. Prenamedia Group,Jakarta

Erlangga, H, et al. (2019). Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Modise Busana Sejati Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4).

Ferrel, O. C. dan Michael D. Hartline. 2011. Marketing Stategy Fifth Edition. USA : South-Western Cengage Learning

Ghizali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan ke 4, Semarang : Badan Penerbir Universitas Diponegoro.

Handoko, Riwidikdo. 2012. Statistik Untuk data Penelitian dengan Aplikasi Program R dan SPSS. Yogyakarta : Pustaka Rihama.

Haque, M. G., Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.

http://prasko17.blogspot.com/2012/07/data-primer-dan-data-sekunder.html (Diakses 15 Juni 2020)

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo Lokas, Trifena., Altje L. Tumbel., Merlyn M. Karuntu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk,

Nasution, S. 2004. Metode Penelitian Naturalistik - Kualitatif. Bandung: Tarsito Agung.

Nurjaya, N., Sunarsi, D., Effendy, A. A., Teriyan, A., & Gunartin, G. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172-184.

Pradana, Adhitya. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota (Studi Pada Pembeli-Pengguna Mobil Toyota Avanza Di Semarang). Universitas Diponegoro.

Prasetyo, Bambang dan Jannah. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Depok: Rajawali Pers.

Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 04. Universitas Sam Ratulangi : Monado.

Rasyid, N., & Rawi, R. D. P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Pt. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. Sentralisasi, 7(2), 11-27.

Sofyan, S. d. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D. Metode Penelitian, 117.

Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Darman, L. O., & Sofia, S. (2021). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha N-MAX Pada PT. Hasjrat Abadi Motor Kota Sorong. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11141

Issue

Section

Articles