Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Andriyani Jaya Abadi (PAM) (Studi Kasus Di RW 2 Kelurahan Klamasen Kabupaten Sorong)

Authors

  • Paradilla Teana Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Jamil Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11144

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Andriyani Jaya Abadi (PAM) Kabupaten Sorongâ€, dengan menggunakan dua variabel yaitu Kualitas Produk dan Harga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas), uji regresi linear berganda, uji parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (R2). Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan PT. Andriyani Jaya Abadi (PAM) Kabupaten Sorong yang bertempat tinggal di RW 2 Kelurahan Klamasen Kabupaten Sorong. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Andriyani Jaya Abadi (PAM) Kabupaten Sorong sebesar 70,01%.

References

Akila.(2017). Pengaruh Insentif Dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Vassel Palembang, 40.

Amirullah, Hardjanto, Imam. (2005). Pengantar Bisnis. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Assauri, S. (2012).Strategic Marketing: Sustaining Lifetine Customer Value. Jakarta:Rajawali Pers.

Haque, M. G., Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.

Isdianto, Oki dan Kurniawan, Soni.(2017) Pengaruh Praktek MSDM Strategik Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kinerja Perusahaan Persewaan Alat Pesta OR, 59.

Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile

Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.

Kadarusman, Y., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 213-221.

Kotler, Philip dan Amstrong, Grey.(2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Penerjemah Alexander Sindoro. PT. Indeks: Jakarta, Edisi ke-9, Jilid 1 hal. 7.

Kotler, Philip dan Keller, Lane Kevin. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1.Erlangga, hal. 5.

Kotler, Philip dan Keller, Lane Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Manampiring, Andrew F dan Trang, Irvan.(2016). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di PT. Astra Internasional Tbk Malalayang, 2.

Nurjaya, N., Sunarsi, D., Effendy, A. A., Teriyan, A., & Gunartin, G. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172-184.

Purwanto, H., Fauzi, M., Wijayanti, R., Al Awwaly, K. U., & Jayanto, I. (2020). Developing Model of Halal Food Purchase Intention among Indonesian Non-Muslim Consumers: An Explanatory Sequential Mixed Methods Research. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 396-407.

Rawi, R. D. P., & Aprilia, L. (2019). Mekanisme Pendistribusian Produk Telkomsel Kepada Konsumen Melalui PT Telesindo Shop Di Kota Sorong.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta cv: Bandung.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.

Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect of Promotion and Price on Purchase Decisions. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 272-279.

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Teana, P., & Jamil, A. (2021). Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Andriyani Jaya Abadi (PAM) (Studi Kasus Di RW 2 Kelurahan Klamasen Kabupaten Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 357–361. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11144

Issue

Section

Articles