Pengaruh Harga Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Cafe Layar Gading Kota Sorong)
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11149Keywords:
Harga, Suasana Cafe, Kepuasan PelangganAbstract
Saat ini jumlah produk maupun jasa yang bersaing dipasaran sangat banyak sehingga konsumen memiliki ragam pilihan, khususnya pada bidang jasa. Eksistensi café saat ini di Kota Sorong sangat banyak sehingga café harus memperhatikan harga dan suasana café untuk mempertahankan siklus hidup usaha mereka. Tujuan penelitian ini dilakukn untuk mengetahui apakah harga dan suasana café berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Café Layar Gading Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji deskriptif, uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji f, uji t dan uji determinasi. Penelitian ini menggunakan 86 responden yang diambil menggunakan teknik Accidental Sampling, teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada 86 responden yang pernah berkunjung di Café Layar Gading dan data yang digunakan ialah data primer dan skunder. Hasil penelitian ini menunjukkn analisis regresi berganda dan uji F terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga dan suasana café terhadap kepuasan pelanggan Café Layar Gading dan dari dua variabel tersebut variabel yang paling dominan variabel harga. Berdasarkan uji determinasi variabel Harga dan Suasana Cafe secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Sebesar 37.4%.References
Adi, Albertus Ferry Rostya.2012. Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di waroeng spesial sambal.Semarang : Skripsi
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Gumbilar,Agam.2010. Pengaruh Penetapan Harga Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penualan Pada Perusahaan jasa PT. Armada Safari Suci.Bandung:Skripsi
Haque, M. G., Munawaroh, M., Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee†Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, 4(2), 277-284.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2007).Manajemen Pemasaran: Jilid 1, Edisi Dua Belas. Jakarta: PT.Index
Kristanto, Jessica Ordelia.2018.Pengaruh kualitas layanan , kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Café One Eighteenth Coffee.Surabaya:Jurnal
Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis: Jilid I, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Liu, Vivianli. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan,Harga Dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumendi goeboex coffee Yogyakarta.Yogyakarta: Skripsi.
Mansyur.2017. Pengaruh Desain Interior Terhadap Kenyamanan Membaca Pemustaka Dibadan Perpustakaan Dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Skripsi
Muhammad, Arif. 2018. Pengaruh store atmosfer, lokasi dan gaya hidup terhadapkeputusan pembelian di Soban Café Medan. Medan: Skripsi
Nengsih, Dewi Rohma.2016. Pengaruh Suasana Toko, kualitas pelayanan dan diservikasi produk terhadap kepuasan konsumen di Granny’s Nest Café. Bandar Lampung: skripsi
Nggaur, Dionisius Apecilus.2018. Pengaruh Harga,Suasana Café Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderator Di Café Bjongngopi Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi.
Nugroho, Prastyo Eriyanto.2011. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pengguna Notebook Acer pada Mahasiswa Unnes Fakultas Ekonomi. Semarang: Skripsi
Philip, Kotler. (2001). Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Jilid 2, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Emban Patria.
Priyatno Dwi, Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS,Edisi , Penerbit Andi,Yogyakarta, Edisi Pertama,2017.
Putri, Elisa Desy Rinda.2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Konsumen Wardah Cosmetics Di Indonesia.Yogyakarta: Skripsi
Rasyid, N., & Rawi, R. D. P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Pt. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. Sentralisasi, 7(2), 11-27.
Rawi, R. D. P., & Lewenussa, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Dan Kinerja Generation Young (Gen Y) Terhadap Ekspektasi Peluang Bisnis (Studi Kasus Di PT. Adira Group Kota Sorong). Gorontalo Management Research, 2(2), 80-89.
Sukmawati, Rina.2017.Pengaruh kualitas produk,harga,dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen Garden Café koperasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi
Sumawan, Dendi.2015. Analisis pengaruh promosi, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di soto kudus kauman. Tangerang Selatan : Skripsi
Tarigan, Putu Reina Algista.2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen kita-kita tour dan travel.Medan : Skripsi
Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.
Wulansari, Esti dan Tri Sudarwanto.2014.Pengaruh Café Atsmophere Dan Harga Terhadap Kepuutusan Pembelian Pada Pos Shop Coffee Toffee Simpang. Surabaya: Jurnal.
Yusuf, Irfan Maulana.2017.Pengaruh Harga Dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café Cofindo Bandung. Bandung: Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).