Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Klamana Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13382Keywords:
Disiplin Kerja, Pelayanan Pegawai, Kepuasan MasyarakatAbstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui pengaruhdisiplinkerjadan pengaruhpelayananpegawai terhadapkepuasanmasyarakat di Kantor KelurahanKlamana Kota Sorong. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptif dan korelasidenganmenggunakanpendekatankuantitatif. Teknik analisis data menggunakanregresi linear berganda. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa: Disiplinkerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikan sebesar (0,002< 0,05), nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,211>2,002), dan nilai koefisien regresi sebesar 0,408. PelayananPegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05), nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,911 >2,002), dan nilai koefisien regresi sebesar 0,337.References
Affandi, A., et al.. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.
Agus B.S dkk. 2013. Pengaruh Kedisiplinan Dan Ketangapan Terhadap Kepuasan Pelangan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Hotel Di Kabupaten Semarang).
Arikunto S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke-11. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hlm: 67, 256.
Astia Tika. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Tanjung pinang Timur. Skripsi Univesrsitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung pinang.
Dessler, Gary. 1992. Manajemen Sumber-daya Manusia, Jakarta: Prenhallindo.
Eulin Karlina, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Skripsi Universitas Bina Sarana Infomatika.
Luluh Endah Khariri. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Mangkunegara, A. P. 2000. “Kinerja (prestasi kerja)â€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslimat, A., et al.. (2020). Effect Of Organizational Commitment On The Sustainability Performance Of Indonesian Industries. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 8330-8347.
Narmod H dkk. 2016. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonogiri. Jurnal Imliah. Kabupaten Wonogiri
Nurjaya, N., et al.. (2020). The Effect of Work Stress and Work Conflict on Employees Turnover Intention In Middle Small Micro Enterprises (MSMEs) In South Tangerang Region. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership, 51-62.
Rahayu.A. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Yang Di Layani Pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Skripsi UNNES.
Rawi, R. D. P. (2017). Analisis Hubungan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Kantor Kecamatan Ruing Kabupaten Ngada Ntt). Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 15-28.
Rika Ayu Eliani. (2017). PengaruhKompetensiPegawai, DisiplinPegawai dan KeadilanPelayananTerhadapKepuasan Masyarakat Di Kantor KecamatanUngaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Safitriani (2016). PengaruhDisiplinKerjaTerhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga Di Kab. Jeneponto. Skripsi UIN Alaudin Makassar.
Suwanto, S., et al. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Happy Restaurant Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(4), 546-554.
Tjiptono, F. (2012). Service Management: MewujudkanPelayanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Widya A V.(2018).PengaruhKualitasPelayananPublik Dan DisiplinKerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.Skripsi UNY.
Yunanto Yogi (2017). AnalisisPengaruhKualitasPelayanan Dan DisiplinKerjaKaryawanTerhadapKepuasanPasien Askes Di PT Askeks Kediri. TesisDosen Universitas Kediri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).