Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Farmers Market Kalibata City (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Retail Farmers Market Kalibata City)

Authors

  • Tujilas Agustin Universitas Pamulang
  • Fadillah Fadillah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13399

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, untuk mengetahui Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan, untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Farmers Market Kalibata City. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantitatif asosiatif dengan 97 sampel penelitian. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai t hitung > t tabel (7.342 > 1,98525) Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig. < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kualitas Pelayanan terdapat pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Farmers Market Kalibata City.  Berdasarkan pada hasil pengujian hipoteisis kedua diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (7.131 > 1,98525), hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig. < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Promosi terdapat pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Farmers Market Kalibata City.  Berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (41.180 > 3,09), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig. 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H3 diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Promosi terdapat pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Farmers Market Kalibata City.

References

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Anoraga, Pandji (2012). Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta.

Erlangga, H., et al. (2020). Pharmaceutical Business Competition in Indonesia: A Review. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 617-623.

Haque, M. G., et al. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.

Hasibuan, Malayu Sp. (2012). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta, Penerbit : Bumi Aksara.

Hurriyati, Ratih. (2011). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Kasmad, K., et al. (2020). Increasing Community School Interest Through Service Quality, Prices and Promotion

in Vocational High Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Maddinsyah, A., et al. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanti, Y. (2021). The Influence Of Digital Marketing & Innovasion On The School Performance. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(7), 118-127.

Purwanto, H., et al. (2020). Developing Model of Halal Food Purchase Intention among Indonesian Non-Muslim Consumers: An Explanatory Sequential Mixed Methods Research. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 396-407.

Safroni, Drs. K.H.M. Ladzi. (2012). Manajemen dan Reformasi pelayanan publik.

Safroni. (2012) Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia (Teori, Kebijakan, dan Implementasi), Yogyakarta : Aditya Media Publishing.

Stanton, William J. (2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Syobar, K., et al. (2020). The Effect of Service Quality and Price on Purchase Decisions in Woodpecker Coffee in South Jakarta. Solid State Technology, 63(6), 1491-1504.

Terry, George R dan Leslie W. Rue. (2014). Dasar-Dasar Manajemen, penerjemah G.A Ticoalu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Terry, George R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen, penerjemah J-Smith D.F.M. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta : Andi Offset,.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Agustin, T., & Fadillah, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Farmers Market Kalibata City (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Retail Farmers Market Kalibata City). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 582–591. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13399

Issue

Section

Articles