Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi pada PT. Idexpress Logistik Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.14243Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa ekspedisi pada PT. Idexpress Logistik Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Idexpress Logistik Indonesia yang tidak diketahui secara pasti dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Ekspedisi pada PT. IDExpress Logistik Indonesia dimana dari persamaan regresi linier sederhana Y=23.918+0.422X1. Nilai thitung 10.708 > ttabel 1,985 dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05. Nilai korelasi sebesar 0,741 (hubungan kuat). Nilai koefisien determinasi sebesar 54,9%. Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Ekspedisi pada PT. IDExpress Logistik Indonesia dimana dari persamaan regresi linier sederhana Y=22.923+0.555X2. Nilai thitung 10.117 > ttabel 1,985 dengan signifikan 0,001 < 0,05. Nilai korelasi sebesar 0,722 (hubungan kuat). Nilai koefisien determinasi sebesar 52,1%. Secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Ekspedisi pada PT. IDExpress Logistik Indonesia dimana diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=20.661+0,262X1+0,301X2. Nilai Fhitung 76.963 > Ftabel 3,09 dengan tingkat siginifikan 0,001 < 0,05. Nilai korelasi sebesar 0,790 (hubungan kuat). Nilai koefisien determinasi sebesar 62,4%.
References
Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengatuh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4).
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amilia, S., & Asmara, M.O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1).
Anugrah, M., & Haryati, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Counter Zonafone Padang. Jurnal Matua, 2(1).
Anwar, S., & Lubis, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Desain Produk, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Perintis Indonesia). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 151–160.
Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 5(2).
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S, (2016), Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep Strategi, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Darmanto & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook Perawatan Wajah. Kreatif Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2), 3–24.
Firmansyah, A., & Budi W. (2018). Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Buku Seru.
Haryono, B. (2018). How to Be a Professional Customer Service. Yogyakarta: CV Andi.
Jasmani. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Baja Mandiri Di Jakarta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1), 113–134.
Juhaeri. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek On-Line Gojek Di Kota Tangerang Selatan. Kreatif Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulan, 7(1), 29–43.
Kelvinia, Putra, U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : Jwem, 11(2), 85–98.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. (Terjemahan) Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT Indeks
Lupiyoadi, R.(2016). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba. Empat.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra. Wacana Media.
Manullang (2018). Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(5).
Muliani, H. S., Ariyanto, A., & Sudarsono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Intikarya Sejahtera Tangerang. Ekonam: Jurnal Ekonomi, 02(2), 77–85.
Mullins, J. W., & Walker O. C. (2016). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 3(1), 69-80.
Saribu, H. D. T., Gulo, R. E. P., Rebecca, T., Sihotang, B. M., & Nadeak, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Mark Dynamic Indonesia, Medan. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 274–284.
Sarinah & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan. Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.
Solihin, D. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop mikaylaku dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30-36.
Sudaryono, (2016), Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sudirman (2019). Pengaruh Harga dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Online Shop. Jurnal Al-Bhut. 15(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto & Rosad. (2016), Manajemen Pemasaran, Bogor, In Media.
Supomo, R., & Nurhayati. E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Cetakan 1. Bandung: Yrama Widya.
Tjiptono, F, & Gregorius, C. (2017). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2017), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, H. (2017). Metode Riset Manajemen Perusahaan: Langkah Cepat dan Tepat Menyusun Tesis dan Desertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Utami, C. W. (2017).Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat
Wulandari, F. E., & Limbing, L. P. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Keputusan Pembelian Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Lion Air. Jurnal Hopitality dan Pariwisata. 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Handayani, Purwanti Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).