Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Gerai Toys City Aeon Mall BSD Kabupaten Tangerang - Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.14280Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toys City Aeon Mall BSD Tangerang - Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi (X1) secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung 9,625 > t tabel 1,290 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, kualitas pelayanan (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung 9,422 > t tabel 1,290 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian (Y) dengan nilai F hitung 71,406 > F tabel 3,09 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, Toys City Aeon Mall BSD Tangerang - Banten dapat meningkatkan keputusan pembelian dengan memperkuat strategi promosi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
References
Assauri, S. (2015).Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Buchari, Alma.(2016), Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Danang, S. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Danang, S. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Jakarta: PT. Buku Seru.
Djaslim, S. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryantini. (2019). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Go-Jek di Stasiun Depok Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 3 No 1, Oktober 2019. P-ISSN : 598-0823 E-ISSN : 2598-2893.
Hery. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grasindo.
Indrawan, Y. W., Hastono, H., & Yanurianto. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Pt Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Cabang Pamulang, Tangerang Selatan - Banten. Vol. 4, No. 3, April 2022. ISSN: 2622 – 8882, E-ISSN: 2622-9935.
Kasmir.(2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Grafindo Persada.
Kotler, P., &Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing. New York : 17th red.
Kotler, P., dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip MarketingJakarta: Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar
Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017).Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Moleong, L. J.. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Nurdiansyah, Haris, Saepul, R.R...(2019).Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan - Banten. Vol. 3, No. 1, 2023. P-ISSN: 2775-6076, E-ISSN: 2962-8938.
Rusydin (2017). Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Silaen, S (2018).Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sunanto, & Asmoro, L. G. W. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Giant Ekstra CBD Bintaro). Vol. 3, No. 1, Februari 2021. Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Pamulang. P-ISSN: 2655-9811, e-ISSN: 2656-1964.
Supriyani, R., & Faroh, W. N. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Xavier Marks Gading Serpong. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4). ISSN: 2775-6076, ESSN: 2962-8938.
Suryani.(2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di era Global Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenadamedia.
Tjiptono, F. (2017).Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Resna Rohmat, Erlita Kurniawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).