Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Gerai Toys City Aeon Mall BSD Kabupaten Tangerang - Banten

Authors

  • Resna Rohmat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Erlita Kurniawaty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.14280

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toys City Aeon Mall BSD Tangerang - Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi (X1) secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung 9,625 > t tabel 1,290 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, kualitas pelayanan (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung 9,422 > t tabel 1,290 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian (Y) dengan nilai F hitung 71,406 > F tabel 3,09 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, Toys City Aeon Mall BSD Tangerang - Banten dapat meningkatkan keputusan pembelian dengan memperkuat strategi promosi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

References

Assauri, S. (2015).Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Buchari, Alma.(2016), Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Danang, S. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Danang, S. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Jakarta: PT. Buku Seru.

Djaslim, S. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryantini. (2019). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Go-Jek di Stasiun Depok Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 3 No 1, Oktober 2019. P-ISSN : 598-0823 E-ISSN : 2598-2893.

Hery. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grasindo.

Indrawan, Y. W., Hastono, H., & Yanurianto. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Pt Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Cabang Pamulang, Tangerang Selatan - Banten. Vol. 4, No. 3, April 2022. ISSN: 2622 – 8882, E-ISSN: 2622-9935.

Kasmir.(2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Grafindo Persada.

Kotler, P., &Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing. New York : 17th red.

Kotler, P., dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip MarketingJakarta: Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017).Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moleong, L. J.. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nurdiansyah, Haris, Saepul, R.R...(2019).Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan - Banten. Vol. 3, No. 1, 2023. P-ISSN: 2775-6076, E-ISSN: 2962-8938.

Rusydin (2017). Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Silaen, S (2018).Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sunanto, & Asmoro, L. G. W. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Giant Ekstra CBD Bintaro). Vol. 3, No. 1, Februari 2021. Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Pamulang. P-ISSN: 2655-9811, e-ISSN: 2656-1964.

Supriyani, R., & Faroh, W. N. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Xavier Marks Gading Serpong. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4). ISSN: 2775-6076, ESSN: 2962-8938.

Suryani.(2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di era Global Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenadamedia.

Tjiptono, F. (2017).Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Rohmat, R., & Kurniawaty, E. (2025). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Gerai Toys City Aeon Mall BSD Kabupaten Tangerang - Banten. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 5(1), 125–136. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.14280

Issue

Section

Articles