Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Tirta Sasmita (Studi Kasus Pada Mahasiswa Reguler CK Tahun Akademik 2023-2024 Program Studi Manajemen Universitas Pamulang)

Authors

  • Rismayanti Rismayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Erlita Kurniawaty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.14510

Keywords:

Citra Merek, Harga, Keputusan Pembeliaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Tirta Sasmita. Metode penelitan yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sempling yang digunakan adalah Probability Sampling dan Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Reguler CK Tahun Akademik 2023-2024 Program Studi Manajemen Universitas Pamulang sebanyak 3.184 Mahasiswa dengan sempel sebanyak 97 orang responden diproleh melalui rumus Slovin. Metode analisis data menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. kemudian data diolah menggunakan IBM SPSS Statistic Version 26. Hasil penelitian ini adalah Citra Merek (X1) dan Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 2,095 + 0,519 X1 + 0,495 X2. Koefisien determinasi berpengaruh sebesar 41,7% sedangkan sisanya 58,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak dilakukan penelitian. Uji hipotesis secara parsial diperoleh angka Citra Merek (X1) sebesar t hitung > t tabel atau (6.736 > 0,1661) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima.  Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel independen yaitu Citra Merek (X1) terhadap Keputusan Pembeliaan (Y). Harga sebesar t hitung > t tabel  atau (6.967 > 0,1661) dengan signifikan 0,000 < 0,05. maka H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel independen yaitu Harga (X2) terhadap Keputusan Pembeliaan (Y). Uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (33,613 > 3,09) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H3 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Citra Merek (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Tirta Sasmita di Mahasiswa Reguler CK Tahun Akademik 2023-2024 Program Studi Manajemen Universitas Pamulang.

References

Abdullah, A., dan Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Efanta, (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Cuci Mobil Dan Motor Pada Hagga Kediri). Risk : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(2).

Nurfadila, H., & Nurdin, M. R. A. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Air Minum Kemasan Merek Aqua. Jurnal Ekonomi dan Industri e-ISSN, 2656, 3169.

Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126-8137.

Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1), 60-77.

Sadikin, A., Misra, I., dan Hudin, S. H. (2020). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Yogyakarta: K-Media

Santoso, R. A., & Kusuma, Y. B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Le Minerale (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2019 Dan 2020 Upn “Veteran “Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2878-2885.

Sari, A. J., Udayana, I. B. N., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 308-327.

Sirait, R. M., Rajagukguk, D., & Chrisanti, V. O. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Aqua Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung. Jurnal Global Manajemen, 11(1), 88-100.

Songgigilan, C., Tampi, J. R., & Walangitan, O. F. (2023). Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kenangan di Kawasan Mega Mall. Productivity, 4(1), 100-111.

Sterie, W. G., Massie, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyono, D., (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Tjiptono, (2020). Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Wahjono, S., Marina, A., Wardhana, A., dan Darmawan, A. (2020). Pengantar Manjemen. Depok: PT. Raja Grafindo Parsada.

Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian indomie di semarang. Solusi, 21(1), 10-19.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410.

Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068.

Wulandari, A., Purwati, A. A., & Alfani, M. H. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Harga, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Pada Mahasiswa/I Pelita Indonesia Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 238-249.

Yulianti, F., Lamsah, dan Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Zailani, A. (2022). Hubungan Efektivitas Iklan Televisi Dan Citra Merek Kopi “White Coffee” Pada Minat Beli Masyarakat Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar. Jurnal Economina, 1(2), 248-263.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Rismayanti, R., & Kurniawaty, E. (2025). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Tirta Sasmita (Studi Kasus Pada Mahasiswa Reguler CK Tahun Akademik 2023-2024 Program Studi Manajemen Universitas Pamulang). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 5(1), 137–148. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.14510

Issue

Section

Articles