Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Mandiri (Jamu Keliling) Milik Ibu Sumarmi Tegal Rotan Ciputat Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i1.17627Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Mandiri (Jamu Keliling) Milik Ibu Sumarmi Tegalrotan Ciputat Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sifat deskriptif dan asosiatif. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengujian data kuesioner dianalisis dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 26, pada uji regresi linear sederhana dan berganda, uji koefesien korelasi, koefesien determinasi dan uji hipotesis. Bardasarkan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan terbukti berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel ( 7,746 > 1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel ( 9,391 > 1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, terakhir bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama (simulitan) berpengaruh terhadap kualitas konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (46,273 > 3,090) nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kepuasan konsumen.References
Almahdi, A. (2020). Rumah Coklat. Bogor. Intelegensia Media.
Astuti, M, S,Si., M.M. (2020).Keunggulan Kompetitif UMKM Naik Kelas. Yogyakarta. Deepublish.
Astuti, M, S,Si., M.M. (2020). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. Deepublish.
Candrianto, ST. M.Pd. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang. Literasi Nusantara.
Djunaidi, F,G, SE., M.Si. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Minyak Kayu Putih Pada Ketel Walbarua Ubung. Surabaya. Qiara Media.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta. Deepublish.
Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen. Surabaya. Qiara Media.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Peoduk dan Merek. Surabaya. Qiara Media.
Handayani, T, Fathoni, M, A. (2019). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta. Deepublish.
Hendrataka, K, Suyatna Yasa, P, N, S.E., M. Si, Indiani, N, L, P, S.E., M.M. (2021). Sistem Informasi Pemasaran Pada Masa Covid 19 Pada Industri Otomotif. Surabaya. Scopindo Media Pustaka.
Hermawan, I, S.Ag.,M.Pd.I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Semarang. Hidayatul Quran.
Mursid, M, C, Suliyanto & Rahab. (2019). Menanamkan Nilai Inovasi Berbasis Syariah Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk Baru di Industri Keuangan Mikro Syariah. Banjarbaru Kalimatan Selatan. Khoirunnisa.
Mutiawati, C, dkk. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta. Deepublish.
Nurdin, I, M.Si. dkk. (2019). Metodeologi Penelitian Sosial. Surabaya. Media Sahabat. Cendika.
Purba, E, dkk, (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Medan. Yayasan Kita Penulis.
Rahma, E. (2018), Akses dan Layanan Perpustakaan. Jakarta. Kecana.
Rinaldi, A, S.Si, M.Si. dkk. (2021). Statistika Inferensial untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan. Bogor. IPB Press.
Tjiptono, F & Diana, A (2020). Pemasaran. Yogyakarta. Andi Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).