Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Trijaya Lestari Di Jakarta

Authors

  • Kusnadi Kusnadi Universitas Pamulang
  • Ruknan Ruknan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i1.17629

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Trijaya Lestari di Jakarta.Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,420 dengan kriteria baik. Variabel kepuasan konsumen diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,837 dengan kriteria baik. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 8,237 + 0,881X, dan nilai koefisien korelasi 0,788 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 62,1%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kharis, Ismu Fadli (2011). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Nurjaya, N., et al. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis. The Asian.

Santoso, Singgih (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiawati, N. P. A., et al. (2021). Effect of Technology Acceptance Factors, Website Service Quality and Specific Holdup Cost on Customer Loyalty: A Study in Marketing Departement of Packaging Industry. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12685-12697.

Sudjana (2014). Metode Statistika, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Kusnadi, K., & Ruknan, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Trijaya Lestari Di Jakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(1), 105–110. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i1.17629

Issue

Section

Articles