Pengaruh Pemberdayaan (Empowerment) dan Karakteristik Pekerjaan pada Komitmen Organisasional
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19602Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi. Populasi penelitian ini adalah civitas akademika Fakultas Ekonomika dan Bisnis Wijaya Kusuma Surabaya (FEB UWKS). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: mahasiswa, dosen dan karyawan FEB UWKS yang telah bekerja di perusahaan/lembaga yang sama minimal 6 bulan. Besar sampel adalah 109 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan, sedangkan variabel terikatnya adalah komitmen organisasi. Untuk menguji hipotesis, digunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi. Sebelum menguji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Dengan demikian, hipotesis 1 dan 2 diterima. Pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Dengan demikian, jika pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan meningkat maka komitmen organisasi juga akan meningkat, sebaliknya jika pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan menurun maka komitmen organisasi juga akan menurun.References
Al Farisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta: Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 60-75.
Chasanah, N. 2008. Analisis pengaruh empowerment, self efficacy dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan, Tesis, Semarang: Undip
Christian, F. 2012. Pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap komitmen Organisasi pada karyawan PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Solo, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Khan, Sharafat. 1997. They Key to being a Leader Company: Empowerment, Journal Personality and Partisipation, p.44-45.
Luthans, Fred. 1998. Organizational Behavior, Elevent edition. Singapore: Mc. Growth-Hill Book co.
McCormack, D., Casimir, G. M., Dyjurkovic, N. & Yang L. 2009. Workplace bullying and intention to leave amongst schoolteachers in China: The mediating effect of affective commitment. Journal of Applied Social Psychology, 39: 2106 - 2127
Meyer, J P and Allen, N J. 1991. A three-component conceptualization of organizational commitment: Some methodological considerations, Human Resource Management Review, 1: 61-98
Mowday, R.T., Steers, R.M. & Porter, L.W. 1979. The measurement of organizational commitment. Journal of Vocational Behavior, 14: 224-247
Robbins, Stephen. P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta:
Rokhmah & Riani.2005. Keterkaitan Antara Komitmen Afektif Dengan Intensi Turnover Pada Karyawan Bagian Produksi Di PT Usman Jaya Mekar Magelang. Surakarta: Jurnal Ilmiah Teknik Industri.
Sekaran, U. 1992. Research Methods in Business. Second edition. Canada: John Willey & Sons, Inc.
Thomas, K. W., Velthouse, B.A. 1990. Cognitive Elements of Empowerment: an Enterpretative Model of Intrinsic Task Motivation, Academy of Management Review, Vol:15, p: 4-666.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).