Peranan PT Pegadaian Area Tangerang Selatan Dalam Pembiayaan Produk Kreasi Untuk Penanganan Kredit Nasabah UMKM Serta Mengembangkan Usaha Nasabah Pelaku UMKM Kota Tangerang Selatan di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Fajar Yoga Pradana Universitas Pamulang
  • Novan Nurviyaddin Universitas Pamulang
  • Erni Nila Sari Universitas Pamulang
  • Sulastri Sulastri Universitas Pamulang
  • Taswanda Taryo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19605

Keywords:

Peran Pegadaian, UMKM, Progam Pegadaian, Kreatif Produk Pegadaian

Abstract

Jurnal ini mengulas tentang peranan PT Pegadaian Tangerang Selatan dalam pembiayaan produk kreasi untuk penanganan kredit nasabah UMKM serta mengembangkan usaha nasabah pelaku UMKM di era pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsi PT Pegadaian sebagai lembaga perkreditan dalam upaya membantu dan mengembangkan usaha para nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lingkup penelitian pada peran pembiayaan produk kreasi dan dampak penyaluran kredit ditengah pandemi. Teknik pengambilan data yaitu teknik purposive dan triangulasi. PT Pegadaian sebagai salah satu BUMN memiliki peran dan fungsi antara lain berpartisipasi membantu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil dan menengah khususnya pelaku UMKM melalui layanan produk pegadaian kreasi. Selain itu pegadaian Tangerang Selatan juga memberikan bantuan bantuan berupa penundaan kewajiban pembayaran selama 3 sampai 6 bulan. PT Pegadaian Tangerang Selatan juga aktif mengadakan pelatihan dan webinar untuk para nasabah dengan tujuan agar usaha mereka dapat terus maju dan berkembang).

References

Arifin, S., Al Farisi, M. S., & Herawati, E. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Terhadap Pegadaian Syariah. Jurnal Neraca Peradaban, 2(1), 1-8.

Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id. 08 05, 2021. ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2021-tumbuh-7 07-%--y-on-y-.html. (accessed Sept 23, 2021).

Ferdinand, N., Maulana, N. I., & Aziz, T. (2021). Pelatihan Pemasaran dan Pembukuan Keuangan dalam Mendapatkan Pembiayaan Bank Syariah bagi Pedagang Pasar Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 65-69.

Hamim, Erika et al. 2021. “Implementasi Produk Mikro bagi Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ).†: 216–25.

Herianingrum, Sri. Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah Terhadap Kinerja Usaha dan Kesejahteraan Pengusaha Kecil. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, 2013.

Kara, Muslimin. Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Perkembangan UMKM.Ahkam.Vol 13, No.2, hal. 315-322. 2013.

Novriansyah. 2019. “Mengembangkan UMKM.†6(8): 1718–32.

Pegadaian, PT. “Pegadaian.†https://www.pegadaian.co.id/produk/pinjaman-usaha (Oktober 13, 2021).

Sucahya Prabawa, Laksana. Vice President PT Pegadaian (Persero) Area Tangerang Selatan (September 30, 2021).

Utarindasari, D., Purnama, A., & Prihatini, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Gandoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 44-52.

Warnadi dan Aris Triyono. Manajemen Pemasaran - Google Books. ed. Hj Ivalaina Astarina SE MM. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran/B-miD

Wijoyo, H., Vensuri, H., Sunarsi, D., Prasada, D., Setyawati, L., Lutfi, A. M., & Akbar, I. R. (2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Pradana, F. Y., Nurviyaddin, N., Sari, E. N., Sulastri, S., & Taryo, T. (2022). Peranan PT Pegadaian Area Tangerang Selatan Dalam Pembiayaan Produk Kreasi Untuk Penanganan Kredit Nasabah UMKM Serta Mengembangkan Usaha Nasabah Pelaku UMKM Kota Tangerang Selatan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(2), 227–235. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19605

Issue

Section

Articles