Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT Alumunium Baja Lestari di Cibitung Bekasi

Authors

  • Tara Anggoman Universitas Pamulang
  • Ira Mafaza Universitas Pamulang
  • Suci Citrawati Wafid Universitas Pamulang
  • Raden Taufik Nur Hidayat Universitas Pamulang
  • Ali Maddinsyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i3.23900

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Alumunium Baja Lestari di Cibitung Bekasi. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 44,5%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,868 > 1,984). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 39,3%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,968 > 1,984). Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 11,950 + 0,399X1 + 0,311X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 51,0%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (50,552 > 2,700.

References

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Cibitung Bekasi: Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Cibitung Bekasi: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Cibitung Bekasi: Gramedia Pustaka Utama

Griffin R.W., & Ronald, J.E. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Cibitung Bekasi: Raja.

Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Cibitung Bekasi. Disrupsi Binis, 1(1).

Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165-174.

Keller dan Amstrong (2017) “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Cibitung Bekasi: Erlangga.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaranâ€. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Cibitung Bekasi.

Kotler (2016) “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Keempat belas, Cibitung Bekasi: PT. Indeks.

Lupiyadi, Rambat (2016) Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2 , Cibitung Bekasi : Salemba Empat.

Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Cibitung Bekasi). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.

Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263-280.

Nulhaqim, S. A., & Sulastri, S. (2019). Analisis Faktor Eksternal Dan Faktor Internal Organisasi Pelayanan Sosial Relawan Muda Riau. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(1), 155-170.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Cibitung Bekasi: PT. Indeks.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Cibitung Bekasi: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Anggoman, T., Mafaza, I., Wafid, S. C., Hidayat, R. T. N., & Maddinsyah, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT Alumunium Baja Lestari di Cibitung Bekasi. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(3), 350–358. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i3.23900

Issue

Section

Articles