Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Konsumen di Ciputat

Authors

  • Sindy Saputri Universitas Pamulang
  • Yansen Paseru Universitas Pamulang
  • Risma Apriyani Universitas Pamulang
  • Taryari Taryari Universitas Pamulang
  • Taswanda Taryo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i3.23902

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee konsumen di Ciputat.Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 40,8%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,055 > 1,986). Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 41,3%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,133 > 1,986). Promosi dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 11,439 + 0,354X1 + 0,370X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 50,3%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (47,083 > 2,700).

References

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Griffin R.W., & Ronald, J.E. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja

Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., & Wijandari, A. (2022). Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Beringin Life di Jakarta. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 41-48.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian. Alfabeta, Bandung.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Keller dan Amstrong (2017) “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kevin Keller dan Amstrong (2017) Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaranâ€. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Jakarta.

Kotler (2016) “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.

Kumala, D., El Hasan, S. S., Mardius, T. A., Sari, P. P., Toyib, M. I., & Supriatal, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada Unit Produksi di SMK Bina Mandiri Multimedia. JURNAL ABDI MASYARAKAT ILMU PEMERINTAHAN (JAMIN), 1(2), 53-63.

Lupiyadi, Rambat (2016) Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2 , Jakarta : Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Saputri, S., Paseru, Y., Apriyani, R., Taryari, T., & Taryo, T. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Konsumen di Ciputat. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(3), 367–374. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i3.23902

Issue

Section

Articles