Analisis Bauran Pemasaran Dalam Membeli Produk Kecantikan pada Mustika Beauty Clinic Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25277Keywords:
Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Produk KecantikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Mustika Beauty Clinic Bogor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah pelanggan/member klinik kecantikan Mustika Beauty Clinic Bogor yang berjumlah 147 pelanggan dan sampel sebanyak 100 responden, dengan menggunakan purposive sampling. Dari data analisis regresi linier berganda yang mempunyai nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,406 yang artinya bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 40,6%, sedangkan sisanya 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dimana F hitung sebesar 39,798 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi α=0,05. Maka hipotesis diterima, terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), terhadap keputusan pembelian (Y). Sementara berdasarkan uji t, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah harga dengan nilai koefisien regresi paling besar sebesar 0,216 dibandingkan variabel bebas yang lainnya.References
Andri, S., & Sanjaya, S. (2016). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan, Jasa Bisnis, Transportasi (Kasus Po. medan Jaya Perwakilan Pekanbaru). Riau University.
Aribowo, F., & Tombilayuk, A. (2021). Pengaruh Laba Bersih dan Komponen Arus Kas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportas yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Prima Ekonomika, 11(2), 60–81.
Astuti, F. K., Suroto, K. S., & Santoso, E. P. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Daging Sapi Dan Implikasi Strategi Pemasaran Di Hypermart Kota Malang. Buana Sains, 19(1), 25–36.
Estefany, N. V., Latifah, F. N., & others. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 181–195.
Fadillah, P. A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Frisian Flag (Studi Kasus: Konsumen Supermarket Berastagi Kota Medan) (Doctoral dissertation).
Fitriyani, A. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Kudus. IAIN KUDUS.
Handoko, H. (2015). Manajemen dan Operasi. Yogyakarta: BPFE.
Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109–119.
Mayarani, C., Santoso, R. E., & Handayani, S. R. (2019). Perancangan Desain Permukaan pada Material Denim untuk Produk Jaket Remaja. Corak: Jurnal Seni Kriya, 8(2), 179–188.
Nisa Novia Avien Christy dan Dwi Widi Pratito, “Penerapan Strategi Bauran Pemasaran pada Usaha Kecil Telur Asin di Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Candi Sari, Semarang Nisa,†Ilm. Sos., vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
Satyarini, R. (2016). Strategi diferensiasi sebagai alat untuk memenangkan persaingan pada industri kreatif di bandung. Bina Ekonomi, 20(1), 47–56.
Siregar, M. Y., & Winita, W. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan sparepart pada PT. calispo multi utama Medan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 3(1).
Susanto, O. E. D., Natalia, M., & Siaputra, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Budget Di Kawasan Surabaya Pusat. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 4(2), 93–108.
Sutito, R. (2021). Pengaruh Experential Marketing Dan Corporate Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi pada pengguna jasa PO Efisiensi Kabupaten Kebumen). Universitas Putra Bangsa.
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.
Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).