Analisis Bauran Pemasaran Dalam Membeli Produk Kecantikan pada Mustika Beauty Clinic Bogor

Authors

  • Ari Prihatni Universitas Bung Karno
  • T. Alexander Azwani Amzul Universitas Bung Karno

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25277

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Produk Kecantikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk, harga,  promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Mustika Beauty Clinic Bogor. Jenis  penelitian  ini  adalah  deskriptif  dengan  menggunakan  pendekatan  kuantitatif.  Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah pelanggan/member klinik kecantikan Mustika Beauty Clinic Bogor yang berjumlah 147 pelanggan dan sampel sebanyak 100 responden, dengan menggunakan purposive sampling. Dari data analisis regresi linier berganda yang mempunyai nilai koefisien determinasi (Adjusted R  Square) sebesar  0,406  yang  artinya  bauran  pemasaran  berpengaruh  terhadap  keputusan  pembelian sebesar  40,6%,  sedangkan  sisanya  60,4%  dipengaruhi  oleh  variabel  lain.  Selanjutnya  dilakukan  pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dimana F hitung sebesar 39,798 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi α=0,05. Maka hipotesis diterima, terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan  antara  variabel  bauran  pemasaran  jasa  yang  terdiri  dari  produk  (X1),  harga  (X2),  promosi  (X3), lokasi  (X4),  terhadap  keputusan  pembelian (Y).  Sementara  berdasarkan  uji  t, variabel  yang  paling  dominan  berpengaruh  terhadap  keputusan  pembelian  adalah  harga  dengan  nilai koefisien regresi paling besar sebesar 0,216 dibandingkan variabel bebas yang lainnya.

References

Andri, S., & Sanjaya, S. (2016). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan, Jasa Bisnis, Transportasi (Kasus Po. medan Jaya Perwakilan Pekanbaru). Riau University.

Aribowo, F., & Tombilayuk, A. (2021). Pengaruh Laba Bersih dan Komponen Arus Kas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportas yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Prima Ekonomika, 11(2), 60–81.

Astuti, F. K., Suroto, K. S., & Santoso, E. P. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Daging Sapi Dan Implikasi Strategi Pemasaran Di Hypermart Kota Malang. Buana Sains, 19(1), 25–36.

Estefany, N. V., Latifah, F. N., & others. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 181–195.

Fadillah, P. A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Frisian Flag (Studi Kasus: Konsumen Supermarket Berastagi Kota Medan) (Doctoral dissertation).

Fitriyani, A. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Kudus. IAIN KUDUS.

Handoko, H. (2015). Manajemen dan Operasi. Yogyakarta: BPFE.

Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109–119.

Mayarani, C., Santoso, R. E., & Handayani, S. R. (2019). Perancangan Desain Permukaan pada Material Denim untuk Produk Jaket Remaja. Corak: Jurnal Seni Kriya, 8(2), 179–188.

Nisa Novia Avien Christy dan Dwi Widi Pratito, “Penerapan Strategi Bauran Pemasaran pada Usaha Kecil Telur Asin di Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Candi Sari, Semarang Nisa,†Ilm. Sos., vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.

Satyarini, R. (2016). Strategi diferensiasi sebagai alat untuk memenangkan persaingan pada industri kreatif di bandung. Bina Ekonomi, 20(1), 47–56.

Siregar, M. Y., & Winita, W. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan sparepart pada PT. calispo multi utama Medan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 3(1).

Susanto, O. E. D., Natalia, M., & Siaputra, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Budget Di Kawasan Surabaya Pusat. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 4(2), 93–108.

Sutito, R. (2021). Pengaruh Experential Marketing Dan Corporate Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi pada pengguna jasa PO Efisiensi Kabupaten Kebumen). Universitas Putra Bangsa.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.

Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Prihatni, A., & Amzul, T. A. A. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Membeli Produk Kecantikan pada Mustika Beauty Clinic Bogor. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(4), 494–500. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25277

Issue

Section

Articles