Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Manajemen Universitas Pamulang)

Authors

  • Nifta Alfitriana Universitas Pamulang
  • Sasi Ngatiningrum Universitas Pamulang
  • Ryan Ruwah Rizki Universitas Pamulang
  • Edozi Putra Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25284

Keywords:

Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Market Place Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang). Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel promosi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,415 dengan kriteria baik. Variabel keputusan pembelian diperoleh rata-rata skor sebesar 3,828 dengan kriteria baik. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan persamaan regresi Y = 9,962 + 0,831X, dan nilai korelasi 0,771 atau kuat dengan determinasi 59,5%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, Alfabetha, Bandung, 2007.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Benyamin Molan, â€Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keduabelas, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta, 2007.

Chandra, Gregorius, “Strategi Dan Program Pemasaranâ€, Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

Dharmesta dan Irawan, “Manajemen Pemasaran Modernâ€, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 2005.

Farida, L., Sudarsih, S., Apriono, M., Krishnabudi, N. G., Utami, E. S., & Putri, N. A. (2022). Menciptakan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan Melalui Kemampuan Dinamis dan Kinerja Inovasi pada UMKM Kreatif. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 170-181.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Jakarta. Disrupsi Binis, 1(1).

Jasmani, J. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Ragam Baja Nusantara. Disrupsi Binis, 2(1).

Jasmani, J. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Semarak, 1(3).

Jasmani, J. (2019). The Effect of Liquidity and Working Capital Turnover on Profitability at PT. Sumber Cipta Multiniaga, South Jakarta. PINISI Discretion Review, 3(1), 29-38.

Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165-174.

Jusuf, D. I., Narimawati, U., Munandar, D., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Properti pada Bintaro Resident di Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 161-169.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2008.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Milenium Satu, PT. Prenhalindo, Jakarta, 2004.

Lamb, Hair, dan McDaniel, “Pemasaranâ€, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Jakarta). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.

Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263-280.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur-Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250-258.

Rangkuti, 2009. “Analisis SWOT dan Teknik Bedah Kasusâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2009.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Saladin, Djaslim, â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung, 2007.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N., & Jasmani, J. (2020). The Influence of Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction at Mitra 10 in Depok. Jurnal Office, 5(2), 75-84.

Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2008.

T Triyadi, U Ahidin, J Jasmani - Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Surya Karya Prima Di Jakarta.

Tjipunito, Fandy, “Pemasaran Jasaâ€, Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang, 2005.

Umar, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2005.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Alfitriana, N., Ngatiningrum, S., Rizki, R. R., Putra, E., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Manajemen Universitas Pamulang). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(4), 533–539. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25284

Issue

Section

Articles