Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kacang Dua Kelinci pada Alfamart Cabang Pondok Ranji di Tangerang Selatan

Authors

  • Ramdan Nugraha Universitas Pamulang
  • Fandy Fandy Universitas Pamulang
  • Muhammad Zulfikar Iskandar Universitas Pamulang
  • Endang Sugiarti Universitas Pamulang
  • Hamsinah B. Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25288

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen produk kacang dua kelinci pada Alfamart Cabang Pondok Ranji di Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 37,6%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,713 > 1,984). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 47,3%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,370 > 1,984). Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 9,377 + 0,286X1 + 0,493X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 54,7%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (58,623 > 2,700).

References

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Tangerang Selatan: Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Tangerang Selatan: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Tangerang Selatan: Gramedia Pustaka Utama

Handoko (2016) Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Alfabeta, Bandung.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Tangerang Selatan: PT. Gramedia Pustaka

Keller dan Amstrong (2017) “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Tangerang Selatan: Erlangga.

Kevin Keller dan Amstrong (2017) Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Tangerang Selatan: Erlangga.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaranâ€. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Tangerang Selatan.

Kotler (2016) “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Keempat belas, Tangerang Selatan: PT. Indeks.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Tangerang Selatan: Salemba Empat.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Tangerang Selatan: PT. Indeks.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Tangerang Selatan: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Nugraha, R., Fandy, F., Iskandar, M. Z., Sugiarti, E., & B., H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kacang Dua Kelinci pada Alfamart Cabang Pondok Ranji di Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(4), 564–572. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25288

Issue

Section

Articles