Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kacamata pada Outlet Star Optik Sentul-Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28214Keywords:
Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembeliam pada Star Optik Sentul dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 171 responden yang merupakan pelanggan Star Optik Sentul. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini yaitu pada uji koefisien determinasi (R2) diperoleh dari variabel kualitas pelayanan dan lokasi sebesar 55,1% terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan nilai kualitas pelayanan 4,556 >1,653 dengan sig 0,000 < 0,05 artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai lokasi 5,982 > 1,653 dengan sig 0,000 < 0,05 artinya lokasi berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga secara simultan variabel kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Adipratama, V., & Cempena, I. B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran, Lamongan. Jurnal Ekonomi Manajemenm (JEM17), 4(1), 80-90.
Alfarian, A. A., & Masreviastuti. (2017). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Golden Minimarket Kota Batu. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 477-482.
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen aan Keuangan, 6(1), 660-669.
Ansofino, & Dkk. (2016). Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta: Tersedia dari https://books.google.co.id/books?id=3IJ5DwAAQBAJ&lpg=PA93&dq=uji%20asumsi%20klasik&pg=PP1#v=onepage&q=uji%20asumsi%20klasik&f=false.
Aprilia, R. N., & Maskan, M. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Café Welijo Lamongan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 16-19.
Arifin, M. Z., & Azhari, P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamart Kota Palangka Raya. Jurnal Al Qadh, 5(2), 116-123.
Astrid. (2017, maret 17). Kementrian Kesehatan RI. Diambil kembali dari https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/031717-radiasi-dan-kesehatan.
Cynthia, D., & Dkk. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. PUBLIK: Jurnal Manajemen Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 104-112.
Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120-136.
Faiza, I. Y., & Basuki, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di House Of Pet Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 329-333.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdat, A., & dkk. (2020). Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Makassar: Tersedia dari https://www.researchgate.net/publication/348602173_buku_Manajemen_Pemasaran_dan_Perilaku_Konsumen.
Harafika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, 14(01), 44-56.
Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Jasmani. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran . Jurnal Mandiri, 2(2), 263-280.
Kusumah, E. P. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung: LAB KOM MANAJEMEN FE UBB.
Mauliansyah, R. (2017). Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 818-826.
Milasari, N., & Dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 1-8.
Muchtar, A., & Suwarma. (2015). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Polla, F. C., & Dkk. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA, 6(4), 3068-3077.
Rahayu, E. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Jurnal Of Science and Social Research, 1(7), 7-12.
Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. Jurnal Iqtisa Dequality, 1(2), 36-46.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, C., & Rifa'i, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
Wijayanti, K. D., & Dkk. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apartment Bailey’s City Di Ciputat. Jurnal Perkusi, 1(2), 242-251.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).