Pengaruh Promosi, Kepercayaan Pelanggan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Karyawan PT. Indo Retreading and Tire Services)

Authors

  • Afrizal Afrizal STIE STAN IM & STMIK IM, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28219

Keywords:

Promosi, Kepercayaan Pelanggan, Kesadaran Merek Dan Keputusan

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi pada era digital saat ini khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan internet telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Fungsi internet sudah lebih jauh dan bukan hanya untuk komunikasi semata tetapi juga untuk melakukan bisnis, memesan transportasi, berkarya, bahkan untuk membeli barang. Dengan munculnya kebutuhan konsumen yang ingin mengambil keputusan dengan cepat tanpa terikat ruang dan waktu dan adanya kebutuhan mengaktualisasikan diri di dunia maya hal ini akan berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap perilaku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi produk yang didapatkan secara online. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi, kepercayaan pelanggan dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian menggunakan angka-angka dan analisa statistik. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Marketplace Shopee studi kasus karyawan PT. Indo Retreading and Tire Services dengan jumlah 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode metode Probability Sampling dengan menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indo Retreading and Tire Services, yaitu sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis regresi linear berganda dibantu dengan menggunakan SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semua variabel yang secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yaitu promosi dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, kepercayaan pelanggan dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan kesadaran merek nilai signifikan 0,000 < 0,05. 

References

Agus, T., & Wiwaha, A. (2019) Pengaruh Diferensiasi Produk dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Good Tea diGajah

Mada Plaza. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika.

Folkvord, F., & de Bruijnei, M. (2020). The Effect of the Promotion of Vegetables by a Social Influencer on

Adolescents’ Subsequent Vegetable Intake: A Pilot Study. Jurnal Environmental Research and Public Health.

Inayati, L. S., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor (4).

Kotler & Amstrong. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management 15e Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Nestle Indonesia. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Humanis.

Muanas. (2014) Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. (12).

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9 (4): 357 380.

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha Volume 18, Nomor (1).

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra MerekTerhadap Keputusan Pembelian. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, Volume VII (1) : 25-29.

Repi, O. W., Lumanaw, B., & Wenas, R. S. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Kesadaran dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi danBisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.8 No. (4) Hal. 110 -119.

Shimp & Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Siboro, R. M., & Suhardi. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Tokopedia Di Batam. Jurnal Ekuivalensi Vol. 6 No. (1).

Skvarciany, V., & Jureviciene, D (2017). Factors Influencing Customer Tust In Mobile Banking: Case Of Latvia. Economics and Culture 14 (2).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. (1), 38-5.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Afrizal, A. (2023). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Pelanggan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Karyawan PT. Indo Retreading and Tire Services). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(1), 61–74. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28219

Issue

Section

Articles