Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kota Sorong

Authors

  • Rais Dera Pua Rawi Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Febry Jein Andjar Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Uswatun Khasanah Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28251

Keywords:

Etos Kerja, Disiplin Kerja, Kepuasan Pengguna Layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap kepuasan pengguna layanan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan atau satuan kerja (satker) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Kota Sorong Papua Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna layanan di KPKNL Kota Sorong. Hal ini dibuktikan dari variabel etos kerja yang memiliki nilai T- hitung sebesar 3,276 > T-tabel sebesar 2,032 dengan nilai signifikan sebesar 0,011 < dari taraf signifikansi yaitu 0,05 dan hasil dari variabel disiplin kerja memiliki nilai T-hitung sebesar 4,502 > T-tabel 2,032 dengan nilai siginifikan sebesar 0,001 < dari taraf signifikan yaitu 0,05. Variabel etos kerja dan disiplin kerja juga berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan pengguna layanan di KPKNL Kota Sorong. Hal ini dibuktikan dari nilai F-hitung sebesar 32,408 > F-tabel sebesar 4,15 dengan signifikan sebesar 0,000 < dari taraf signifikansi yaitu 0,05.

References

Ade, I. & A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN ETOS KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR LEASING PRS MULTI FINANCE MEDAN. 14510154.

Agus Surya Bharmawan, SE., M. & N. H, Abdullah & Tantri. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN JASA. Scopindo.

Artika, M. H. D. (2016). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI SURABAYA. 4(1), 1–23.

Bawelle, M., & Sepang, J. (2016). Pengaruh Etos Kerja , Gairah Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. BRI Cabang Tahuna. Jurnal EMBA, 4(5), 353–361.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian (P. 7).

Dr. Ajat Rukajat, M. M. , Nasir (2018). Pendekatan Penelitian Kuatitatif.

Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes & M. Ali Sodik, M., Sugiyono, Sudjana & Ibrahim, (2015).

Ferianto, D. (2013). Hubungan Disiplin Kerja Dengan Prestasi Kerja Karyawan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang. 1993, 14–53.

Ginting, D. (2016). Etos Kerja. Gramedia Jakarta.

Iskandar, A. N. (2019). ANALISIS PENGARUH RELIABILITY DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 1–24.

Kusuma, R. W., & Suwitho. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 1– 17.

Naimah, S., Azhad, N., & Yohanes, G. W. (2018). Analisis Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Pie Susu Pada Pie & Co. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1(1), 19–28.

Ningtyas, M. (20014). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1, 32–41. Qomariah, N. (2020). PENTINGNYA KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG_ Studi Pengaruh Customer Value.

Rahayu, N. T. (2018). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN ETOS KERJA ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA (MENWA) MAHAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Ratnawili, N. D. &. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SEMANGAT KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KABUPATEN

KAUR. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(1), 1–9.

Riskayanto, B. N. &. (2018). ANALISIS DAMPAK PENCIPTAAN BRAND IMAGE DAN AKTIFITAS WORD OF MOUTH (WOM) PADA PENGUATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION. Jurnal Nusamba Vol.3 No.1 April 2018, 3(1), 14– 29.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Rawi, R. D. P., Andjar, F. J., & Khasanah, U. (2023). Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kota Sorong. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(1), 173–183. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28251

Issue

Section

Articles