Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indomarco Prismatama Cabang Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i2.29575Keywords:
Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada PT Indomarco Prismatama Cabang Bogor, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Indomarco Prismatama Cabang Bogor dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Indomarco Prismatama Cabang Bogor secara simultan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung PT Indomarco Prismatama Cabang Bogor pada tahun 2020 yang berjumlah 6.561 pengunjung, penentuan besarnya sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesukaran 10%, maka diperoleh sampel sebanyak 99 orang pengunjung. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji determinasi dan uji signifikan (uji t dan uji f). Hasil penelitian diperoleh hasil secara parsial harga positif terhadap keputusan pembelian, ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai thitung 3,129 > ttabel 1,660 dengan nilai signifikasi sebesar 0,002 nilai ini lebih kecil dari 0,1 (0,002 < 0,1). secara parsial promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai thitung 2,849 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,005 nilai ini lebih besar dari 0,1 (0,005 < 0,1) dan secara simultan harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, ini dapat dilihat dari hasil uji F dengan Fhitung 6,598 dan Ftabel 2,36 (6,598 > 2,36). Dengan demikian dapat diartikan bahwa harga dan promosi secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B.(2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk CKE Teknik Semarang. Journal of Management. 4(4).
Devy, S., & Anisa, N. B. Sinulingga (2018) Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada PT. Rotella Persada Mandiri. Journal of Management Science (JMAS). 1(1).
Gerung, C. J., Sepang, J., Loindong, S. (2017) Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT Wahana WIrawan Manado. Jurnal EMBA. 5(2).
H. Komarudin., Sulaeman, A., & Jasmani, J. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA (ALFAMART) WILAYAH TANGERANG SELATAN. Jurnal Ekonomi Efektif Unpam. 2(3).
Hastono., & Triyadi, T. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Merk VIVO di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif. 2(3).
Igir, F. G., Tampi, J., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis. 6(2).
Indarti, Sari, T., & Fitria, A. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur. JEU. 4(2).
Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). Pengaruh Harga dan Promosi Grab Terhadap Bran Image yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transpotasi Online. Jurnal AKURASI. 2(3).
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT.Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi. 1(1).
Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43-54.
Ramadhani, S., Joesyiana, K., Prihastuti, A. H., Wahyuni, S., & Rahman, S. (2021). Pelatihan Cara Penghitungan Harga Pokok Produksi Pupuk Limbah Kulit Nenas. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 41-48.
Sakti, A. R., & Maria, L. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Harga terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Sinarmentari Indoprima Cabang Kota Bandung). Jurnal Indonesia Membangun. 15(2).
Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).
Surwanto. (2021). Pengaruh Strategi Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bahan Baku Biji Plastik Pada PT Kurnia Makmur Jaya Lestari di Gading Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif. 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).