Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kaca Mata Pada PT. RLK Jakarta

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Fauziah Septiani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Suharni Rahayu Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i2.29582

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial ataupun simultan pada PT RLK JAKARTA. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 360 konsumen, penentuan besarnya sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesukaran 10%, maka diperoleh sampel sebanyak 78 sampel. Data yang digunakan melalui teknik observasi, dan kuesioner. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji Multikolinearitas, uji autokorelasi, uji Heteroskedastisitas, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji determinasi dan uji signifikan (uji t dan uji f). Hasil penelitian diperoleh hasil secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai t hitung > t tabel atau (2,029 > 1,992). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Secara parsial Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai t hitung > t tabel  atau (2,435 > 1,992). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Kualitas Produk dan Harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian ini dapat dilihat dari uji F dengan nilai F hitung > F tabel atau (21,678 > 3,12), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05).

References

Alma H. Buchari, (2018), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Arianto, N., & Febrian, F. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457-464.

Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 179-192.

Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194-203.

Arianto, N., Limakrisna, N., & Purba, J. H. V. (2022). Determinant Parents Of Student’s Decision In Choosing Junior High School (SMP) Education Services In Banten Province And Its Implications On Student Parent Satisfaction. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 3(5), 2009-2021.

Arianto, N., Limakrisna, N., & Purba, J. H. V. (2022). The Effect of Service Quality and Price on Patient Satisfaction. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 4(3), 77-83.

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks

Noviyanti, I., Suryani, N. L., Arianto, N., & Asmalah, L. (2020). Marketing intelligence implementation for supply chain mannagemnt of mix products that affect the purchasing decision on Citra Karisma, Yogyakarta. International Journal of Supply Chain Management, 9(3), 1235-1242.

Putri, D. L., Nurmansyah, N., Aznuryandi, A., Sunarsi, D., & Arianto, N. (2022). Factors That Influence on Online Purchase Decisions. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 312-319.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Arianto, N., Septiani, F., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kaca Mata Pada PT. RLK Jakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(2), 314–322. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i2.29582

Issue

Section

Articles