Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kaca Mata Pada PT. RLK Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i2.29582Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial ataupun simultan pada PT RLK JAKARTA. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 360 konsumen, penentuan besarnya sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesukaran 10%, maka diperoleh sampel sebanyak 78 sampel. Data yang digunakan melalui teknik observasi, dan kuesioner. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji Multikolinearitas, uji autokorelasi, uji Heteroskedastisitas, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji determinasi dan uji signifikan (uji t dan uji f). Hasil penelitian diperoleh hasil secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai t hitung > t tabel atau (2,029 > 1,992). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Secara parsial Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai t hitung > t tabel atau (2,435 > 1,992). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Kualitas Produk dan Harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian ini dapat dilihat dari uji F dengan nilai F hitung > F tabel atau (21,678 > 3,12), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05).
References
Alma H. Buchari, (2018), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Arianto, N., & Febrian, F. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457-464.
Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 179-192.
Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194-203.
Arianto, N., Limakrisna, N., & Purba, J. H. V. (2022). Determinant Parents Of Student’s Decision In Choosing Junior High School (SMP) Education Services In Banten Province And Its Implications On Student Parent Satisfaction. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 3(5), 2009-2021.
Arianto, N., Limakrisna, N., & Purba, J. H. V. (2022). The Effect of Service Quality and Price on Patient Satisfaction. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 4(3), 77-83.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks
Noviyanti, I., Suryani, N. L., Arianto, N., & Asmalah, L. (2020). Marketing intelligence implementation for supply chain mannagemnt of mix products that affect the purchasing decision on Citra Karisma, Yogyakarta. International Journal of Supply Chain Management, 9(3), 1235-1242.
Putri, D. L., Nurmansyah, N., Aznuryandi, A., Sunarsi, D., & Arianto, N. (2022). Factors That Influence on Online Purchase Decisions. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 312-319.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).