Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Bengkel Mobil Mars Auto Cinere Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.29892Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Bengkel Mobil Mars Auto Cinere, Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan asosiatif kausal.Data dikumpulkan melalui angket kuesioner dan ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Slovin, maka diperoleh 91 responden,kemudian untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 29 sebagai alat hitung. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, serta uji T dan F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, kualitas pelayanan (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Bengkel Mobil Mars Auto Cinere, Depok.
References
Agus, H. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Alifia, H. N., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kaos kaki pada PT. Soka Cipta Niaga. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 388-395.
Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh promosi, harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek produk Rabbani di Palembang. Jurnal Neraca, 4(1), 26-40.
Apriansah, F., & Hasanah, U. (2022). Pengaruh citra perusahaan dan pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Studi Kasus PT. Pos Indonesia KCP Bagansiapiapi). Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(3), 411-426.
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bilson, S. (2016). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Utama.
Cennatal, A., & Purba, T. (2020). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT SAF Mitra Abadi. MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 766-775.
Dahlan, M. S. (2011). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta: Salemba Medika.
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Daud, D. (2013). Promosi dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Devina, B., & Rokhyadi, A. (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen, 11(1), 55-63.
Dharmmaesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran pemasaran 7P dalam mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan pada industri retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120-136.
Handayani, V., & Rahayu, Y. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Luxio. Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 64-75.
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Jasmani, H. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Song Fa Bak Kut Teh Cabang Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal PERKUSI, 2(3).
Kandoli, J. (2019). Analisa pengaruh promosi, dan kualitas layanan terhadap keputusan penggunaan taxi online Go-Car oleh mahasiswa FEB Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi ke-12). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (12th Edition, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Edisi 15 Global Edition). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Pearson Education, Inc.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi ke-3). Jakarta: Salemba Empat.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran (Edisi keempat, Jilid 1). Jakarta: PT Indeks.
Pertiwi, K., Wahyu, & Sewaka. (2022). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Routine Coffee & Eatery di Tangerang Selatan. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia.
Ramadani, M. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko handphone. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 1(2).
Resihono, L. D. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek, dan lokasi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa servis mobil di Honda Solo Baru. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 20(3), 259-269.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Saktiendi, E., Herawati, S., Yenny, L. A., & Agusti, A. W. (2022). Pengaruh viral marketing, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 197-210.
Sarwono, J. (2014). Metode Riset Online: Teori, Praktik, dan Pembuatan Aplikasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sudarsomo, A., Nelsi, M., & Hasanudin. (2020). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kewpie Salad Dressing pada PT. Kewpie Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(3), 7-14.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Trisnowati, D. K., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa bengkel PT. Astra International Tbk-Daihatsu Majapahit Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 374-381.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Fatimah, Surti Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).