Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Overthinking Coffee di Tangerang Selatan

Authors

  • Widyawati Puspitaningrum Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Suworo Suworo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.29958

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Overthinking Coffe di Tangerang Selatan. Baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling menggunakan proses seleksi acak (random sampling/probability) dan memberikan setiap anggota populasi kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Harga dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan persamaan regresi Y = 7,807 + 0,157 X1 + 0,279 X2 , Nilai korelasi sebesar 0,714 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 51% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (50,506 > 3,09). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Overthinking Coffe di Tangerang Selatan.

References

Alvianna, S., Husnita, I., Hidayatullah, S., Lasarudin, A., & Estikowati, E. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Panderman Coffeee Shop di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management and Business Review, 18(2), 380-392.

Amanah, D. (2017). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop cabang HM Yamin Medan. Jurnal keuangan & bisnis, 2(1), 71-87.

Hasibuan, M.S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: penerbit PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P (2020) Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Irawan, 2018. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Jaya, W., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada konsumen Kafe Family Kopi di Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(01).

Kotler, Keller. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.

Kuspriyono, T. (2020). Strategi pemasaran komunitas pedagang berbasis online dan personalisasi pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 1937-1942.

Lupiyoadi. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).

Roisah, Riris dan Dwizna Riana. (2016).Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen. Ecodemica, Vol. IV No.1

Sambara, J., Tawas, H. N., & Samadi, R. L. (2021). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Cafe 3. Am Koffie Spot Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 126-135.

Shartykarini, S., & Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 4(1), 39-52.

Slamet, A. S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada coffee shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 118-132.

Stepania, B. (2022). Analisis Harga Kompetitif, Kreativitas Strategi Pemasaran dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di kota Pontianak. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 7(3), 522-532.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Puspitaningrum , W., & Suworo, S. (2025). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Overthinking Coffee di Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.29958

Issue

Section

Articles