Penerapan Segmentasi dan Positioning dalam Meningkatkan Volume Penjualan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i1.30863Keywords:
Segmentasi, Positioning, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Segmentasi dan Positioning Terhadap Volume Penjualan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, baik secara parsial maupun simultan. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan atau konsumen yang aktif bertransaksi di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang berjumlah 50 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner yang diolah menggunakan sistem aplikasi SPSS Versi 26. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji f simultan. Berdasarkan hasil penelitian uji t diperoleh thitung untuk Segmentasi sebesar 7,688 > ttabel sebesar 2,00958 atau signifikansi 0,000 < 0,05, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan Segmentasi terhadap Volume Penjualan. Dan thitung Positioning 6,534 > ttabel 2,00958 atau signifikasni 0,00 < 0,05, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap Volume Penjualan. Untuk uji f diperoleh fhitung sebesar 41,267 > ftabel 3,19 atau signifikansi 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa variabel Segmentasi dan Positioning berpengaruh terhadap Volume penjualan.
References
Ahmad Zamroni dan Adi Krisna Kelana. (2019). Implementasi Segmentation, Targeting, Positioning sebagai strategi pemasaran AJB Bumi Putra Syariah Cabang Yogyakarta. Jurnal Studi Islam, 11(2).
Aisa Diaz Adhe Lusinta, Titin, L. N. A. (2019). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM),Volume 4(No. 2).
F Nani Rosyida, Tian Heryani, I. F. dan H. D. (2020). Strategy Segmenting, Targeting, dan Positioning: Study On PT. Sidomuncul. Journal of Islamic Economic Scholar, Vol. 1(No.2)
H Wijaya, H Sirine. (2016). Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan Kecap Blekok di Cilacap.
Halim, Fajriyah Salsabila, Purnama Putra, and Isti Pujihastuti. 2023. “Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kc Bekasi.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI) 9(2579–6534): 564–72.
Manggu, Blasius, and Sabinus Beni. 2021. “Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang.” Sebatik 25(1): 27–34. doi:10.46984/sebatik.v25i1.1146.
Nawawi, Zuhrial M;, Nuri; Aslami, and Zulfitri. 2023. “Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Dalam Memasarkan Produk-Produk Syariah Di PT Sun Life Medan.” Nucl. Phys. 13(1): 104–16.
Rahmawati, Anggi, and Hanif Aulawi. 2020. “Dampak Penerapan Segmentation, Targeting, Positioning PT Kimia Farma Pada Pasar Nasional.” Jurnal Administrasi Kantor 8(2): 209–22.
Wijaya, Hari, and Hani Sirine. 2016. “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap.” Ajie 1(3): 175–90. doi:10.20885/ajie.vol1.iss3.art2.
Zamroni, Ahmad, and Adi Krisna Kelana. 2021. “Implemtasi Segmentation, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Pemasaran AJB Bumi Putra Syaria’ah Cabang Yogyakarta.” Jurnal Studi Islam An-Nur 11(2): 80–93. https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/150.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saipul Anwar, Agus Sulaiman Anhary
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).