Peluang dan Tantangan Bisnis Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Literatur Sistematis

Authors

  • Widhi Wicaksono Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Suyatin Suyatin Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Heri Murtiyoko Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Aidil Amin Effendy Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i3.32115

Keywords:

Peluang dan Tantangan Bisnis, Generasi Milenial, Tinjauan Literatur Sistematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peluang dan Tantangan Bisnis Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0 dan mengetahui dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan Bisnis bagi Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini  menggunakan  pendekatan  eksploratif  deskriptif  dengan menggunakan pendekatan pada kajian literatur atau studi pustaka, yaitu merujuk dari  berbagai literatur, seperti buku, disertasi, jurnal ilmiah dan internet. Semua uraian gagasan yang ada digabungkan dalam satu susunan kerangka pemikiran. Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwasannya peluang yang dapat dimanfaatkan generasi milenial di era revolusi industri 4.0 ini dengan menciptakan peluang usaha bisnis online dengan memanfaatkan teknologi digital. Disamping itu mereka juga harus bisa menghadapi tantangan yang ada dengan bijak. Tantangan tersebut berupa masalah keamanan teknologi informasi dan juga masalah persaingan bisnis dengan skala global. Peluang dan Tantangan Industri 4.0 merupakan perkembangan teknologi informasi dengan pesat saat ini terjadi otomotisasi yang terjadi diseluruh bidang, teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan secara nyata, digital dan secara fundamental, maka Strategi terbaik untuk Generasi Milenial ialah harus mampu memanfaatkan teknologi digital, Perlunya sarana dan prasarana untuk generasi milenial dalam memanfaatkan teknologi dan generasi milenial juga harus mampu memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dalam menjalankan bisnisnya.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). “Prosedur Penelitianâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyanto, A., & Effendy, A. A. (2020). Analisa Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dan Dampaknya terhadap Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 80-93.

Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. (2014). “Metode Riset Bisnis,.Volume 1. Edisi 12 Jakarta: PT Media Global Edikasi.

Effendy, Aidil Amin. (2020). Studi Kelayakan Bisnis, Desanta Muliavisitama, Serang

Effendy, A. A., Maddinsyah, A., Hastono, H., Kustini, E., & Ardani, W. (2022). Mewujudkan Edukativepreneur Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 152-157.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), 213-222.

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh revolusi industri pada kewirausahaan demi kemandirian ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1-8.

Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design Principles forIndustrie 4.0 Scenarios. Presented at the 49th HawaiianInternational Conference on Systems Science.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249.

Jatmiko, Wisnu . et. all., (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah, Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Sangaji, N., Wiyono, V. H., & Mulyaningsih, T. (2019). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 pada Kewirausahaan untuk Kemandirian Ekonomi. Prosiding Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS) 2019.

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). “Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas ASEAN.†Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.†Bandung: Alfabeta.

________.(2015). “Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Untuk Bidang: Pendidikan, Managemen, Sosial, dan Teknikâ€. Bandung: Alfabeta.

Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.

Ulhaq, Zulvikar Syambani dan Mayu Rahmayanti. (2020). “Panduan Penulisan Skripsi Literatur Review.†Malang: Fakultas Kedokteran UIN Maulana Malik Ibrahim.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Wicaksono, W., Suyatin, S., Murtiyoko, H., & Effendy, A. A. (2023). Peluang dan Tantangan Bisnis Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(3), 420–427. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i3.32115

Issue

Section

Articles