Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Pava Mandiri Makmur Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34650Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada PT Pava Mandiri Makmur Tangerang Selatan. Adapun sampel penelitian sebanyak 124 responden dengan menggunakan teknik Simpel Random Sampling (Probability Sampling) dan teknik Sampling Kuota (Non-Probability Sampling). Analisis dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 26.0. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Hasil secara parsial pada variabel Harga (X1) menunjukan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen secara parsial, dilihat dari hasil uji t (uji parsial) yang menunjukan nilai thitung > ttabel dan signifikan < 0.05, yaitu; 11,213 > 1,997 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 0,025 < 0,05. Hasil secara parsial pada variabel Kualitas Produk (X2) menunjukan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara parsial, yang menunjukan nilai thitung > ttabel dan signifkan < 0,05 yaitu; 20,339 > 1,997 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 0,000 < 0,05. Hasil secara simultan variabel Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2) menunjukan terdapat harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara simultan, yang dilihat dari hasil uji F (uji simultan) yang menunjukan nilai Fhitung > Ftabel dan signifikan < 0,05 yaitu; 208,401 > 2,68 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji determinasi menunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 0,771 atau 77,1%. Hal ini berarti, variabel Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2) mampu menjelaskan besaran pengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsuen (Y) sebesar 77,1% sedangkan sisanya sebesar 22,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Arianto, Nurmin. (2022). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Duli, Nicolas. (2019) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.
Ferine, Kiki Farida & Juniarti. (2022). Pelayanan SDM. Yogyakarta: Selat Media Patners.
Ghozali, Imam. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Hamsinah, H. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Timur Jaya Prestasi Cileungsi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(3), 702-709.
Herujito, Yayat M. (2020). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Kotler, P & G. Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & K., Kaller. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusuma, Suna Wicaksono dan Linda. (2021). Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan OTO Car Wash. http://digilib.uinsby.ac.id.
Luta, Lola Syah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Amirta Tour Kediri (Studi pada Mahasiswa Manajemen UN PGRI Kediri). http://simki.unpkediri.ac.id.
Maharani, Raissa Aprita Nur & Iskandar Ali Alam. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumenselama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal Jurnal Ilmian Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan, E-ISSN : 2809-8544.
Manik, Cornelia Dumarya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Promosi Terhadap Tingakat Penjualan (Studi Pada Perumahan Serpong Garden). http://download.garuda. kemdikbud.go.id.
Marinsyah, Alvin. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, vol.3 no.2, 2020, ISSN: 2085-0000.
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Riswan, Muhammad Syahendra., Handojo Djoko Waloejo & Sari Lisyorini. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Smartphone Merek Iphone Apple Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11, No. 2, 2022 e-ISSN 2746-1297.
Sandi & Sunargo. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Benteng Indo Bangunan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 6 No 1, Januari 2023, E-ISSN : 2599-3410, P-ISSN : 2614-3259.
Setyawati, Amelia & Adelia Rahma. (2022). Manajemen Pemasaran Di Era Bisnis Yang Serba Cepat. Malang: MNC Publishing.
Sholeha, Ludviyatus et.al. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. https://jurnal.unej.ac.id.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bantung: Alfabeta.
Sukarsih, Ni Kadek Oni. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Habitat Ubud. https://ejourn al.unhi.ac.id.
Supomo, R & Eti Nurhayati. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya.
Suyuthi, Nurmandhani Fitri., dkk. (2020). Dasar-Dasar Manajemen, Teori, Tujuan dan Fungsi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Tajuddin. (2019). Kesuksesan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Dan University Governance. Malang: UB Press.
Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Tjiptono, F. (2018). Startegi Pemasaran Edisi ke-Empat. Yogyakarta: Andi Offset.
Triongko, Budi., Untung Widodo & Maduretno Widowati. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Aki Incoe PT Meka Adipratam di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, E-ISSN : 2829-1433.
Umar, Husein. (2019). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Warnadi & Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).